ULASAN AKHIR 10 BLOG SEJAWAT

IMG_20151230_185807

Blog nomor 1

  1. Nama Pemilik Blog : Putri Novitasari
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/putrinovitasari/
  3. Kelebihan/keunggulan : Dalam penulisannya sudah rapi dan widgetnya juga sudah tertata dengan rapi.
  4. Kekurangan/kelemahan : Temanya terlalu simple, seharusnya diberi gambar supaya lebih menarik dan pada artikel-artikelnya seharusnya juga dikasih gambar supaya para pengunjung ketika melihat pertama kali langsung tertarik dan ingin membacanya. Pada profil seharusnya diberi foto dan informasi tentang tujuan dibuatnya blog.
  5. Saran dan usulan tambahan/perbaikan : Perbaiki lagi dalam hal tampilan tema dan widgetnya, perhatikan juga saat akan ngpost artikel, sebaiknya diberi gambar supaya pembaca lebih memahami dan tertarik membaca artikel tersebut dan pada profil sebaiknya diberi foto dan lebih diperjelas lagi mengenai tujuan dibuatnya blog tersebut. Pada blog teman sebaiknya ditambah lagi.

Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII BAB 4 (Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas)

SOS XII BAB 4 Pengertian komunitas

Komunitas atau community merupakan sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama. Sehingga mereka telah berkembang menjadi sebuah “kelompok hidup” (group lives) yang diikat oleh kesamaan kepentingan (common interest). Artinya, adasocial relationship yang kuat di antara mereka, pada satu batasan geografis tertentu. Selain itu komunitas juga merupakan kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai teriotrial. Istilah community dapat juga diterjemahkan sebagai “masyarakat setempat”. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII BAB 3 (Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi)

  1. SOS XII BAB 3KETIMPANGAN SOSIAL

Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII BAB 2 (Globalisasi dan perubahan komunitas lokal)

SOS XII BAB 2Modernisasi

Modernisasi berasal memiliki kata dasar modern yang berasal dari bahasa latin yaitu modernus yang terdiri dari kata modo dan ernus. Modo adalah cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Jadi, modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Koentjaraningrat mendefinisikan modernisasi ialah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang. Sedangkan Soerjono Soekanto menjelaskan bahwa modernisasi merupakan suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan (social planning) Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII BAB 1 (Perubahan sosial dan dampaknya)

SOS XII BAB 1 Pengertian perubahan sosial

Pada dasaranya setiap masyarakat yang ada di dunia akan mengalami perubahan. Hal tersebut dapat dilihat dengan membandingkan kehidupan masyarakat pada zaman sekaranag dan masyarakat pada masa lampau. Dengan kata lain, masyarakat terus menerus akan mengalami perubahan meskipun perubahan antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lain tidak selalu sama. Perbedaan perubahan antar masyarakat tersebut dapat dilihat dari waktu yang cepat atau lambat. Perubahan sosial merupakan suatu perubahan mengenai nilai-nilai sosial, norma, dan berbagai pola dalam kehidupan manusia yang terjadi di masyarakat. berikut ini merupakan pengertian perubahan sosial menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut: Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI BAB 5 (Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan)

SOS XI BAB 5INTEGRASI SOSIAL

  1.  Pengertian

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa integrasi adalah pembauran sesuatu yang tertentu hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Istilah pembauran tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa integrasi mengarah pada masuk, menyesuaikan, atau meleburnya dua atau lebih hal yang berbeda sehingga menjadi seperti satu. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI BAB 4 (Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya)

  1. SOS XI BAB 4Pengertian Konflik

Dalam banyak definis, kekerasan dan ancaman selalu dikaitkan dengan konflik, kekerasan merupakan alat dari konflik untuk mencapai tujuan. Dapat juga dikatakan bahwa kekerasan merupakan proses akhir dari konflik. Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “configure” yang artinya saling memukul. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan, atau pertentangan. Dengan demikian, secara sederhana, konflik merujuk pada adanya dua hal atau lebih yang bersebrangan, tidak selaras, dan bertentangan. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (atau juga kelompok) yang berusahamenyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Konflik lahir dari kenyataan akan adanya perbedaan-perbedaan, misalnya perbedaan ciri badaniah, emosi, kebudayaan, kebutuhan, kepentingan, atau pola-pola perilaku antarindividu atau kelompok dalam masyarakat. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI BAB 3 (Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial)

SOS XI BAB 3Indonesia merupakan salah satu negara dengan keberagaman suku bangsa di dalamnya. Setiap suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari perbedaan agama, ras, suku, adat istiadat, norma dan masih banyak lagi. Keberagaman yang muncul dari adanya perbedaan tersebut berakibat pada perbedaan tingkah laku dan aktivitas dalam kesehariannya. Perbedaan baik tingkah laku maupun aktivitas merupakan wujud ketidaksamaan sosial. Ketidaksamaan sosial yang terdapat di masyarakat dapat dikaji menjadi dua bagian yaitu: Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI BAB 2 (Berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat)

SOS XI BAB 2

Permasalahan sosial merupakan fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat. Permasalahan sosial muncul dalammasyarakat karena adanya interaksi sosial diantara masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya. Pada dasarnya interaksi sosial yang berlangsung dalam masyarakat bersifat asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial yang bersifat asosiatif akan menghasilkan gejala-gejala sosial yang normal sehingga dalam masyarakat akan terjadi keteraturan sosial, sedangkan interaksi sosial yang bersifat disosiatif akan menghasilkan gejala-gejala abnormal atau gejala-gejala yang sifatnya patologis sehingga masyarakat mengalami ketidakteraturan sosial dalam bentuk disorganisasi atau disintegrasi sosial. Gejala abnormal yang terjadi dalam interaksi yang bersifat disosiatif terjadi karena adanya unsur-unsur dalam masyarakat yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Akibatnya adalah munculnya kekecewaan atau kesulitan yang dialami oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI BAB 1 (Pembentukan kelompok sosial)

SOS XI BAB 1 A. Proses pembentukan kelompok sosial

     Manusia memiliki keistimewaan dibanding mahluk ciptaan lainnya yaitu akal pikiran. Dengan akal pikirannya manusia mampu bertahan hidup dan mengem-bangkan kehidupannya di dunia bersama manusia lain.

  Dengan akal pikirannya manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mencari, membuat dan memanfaatkan segala sesuatu yang bisa untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Untuk memperoleh berba-gai sarana pemenuhan kebutuhan selain menciptakan sendiri, ada berbagai sarana pemenuhan kebutuhan yang harus diperoleh dari orang lain. Oleh karena itu manusia akan selalu terus berhubungan dengan manusia lain selama masa kehidupannya. Read the rest of this entry »