Archive for category Antropologi

Peran Antropologi dalam Kehidupan Sosial

Sejauh ini masyarakat hanya mengenal antropolgi dalam sistem kebudayaan dan mata kuliah dalam suatu universitas, begitupun yang saya pelajari dalam perkuliahan antropologi yaitu kebanyakan menyinggung kebudayaan masyarakat . Masyarakat kurang membuka mata dan menyadari pentingnya antropologi dalam kehidupan bersosial, peran peran antropologi dalam kehidupan sosial masyarakat, serta fungsi-fungsi antropologi yang terdapat pada kehidupan sosial masyarakat. Maka dari itu disini saya mengupas sedikit tentang antropologi Dalam kehidupan sosial. Dengan ini saya mengharapkan masyarakat akan lebih mengetahui ilmu antropologi dalam kehidupan bersosial dan dapat menerapkan hal-hal yang positif dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Read the rest of this entry »

Antropologi Terapan Laporan Hasil Observasi

LAPORAN HASIL OBSERVASI

Pada 4 desember pukul 11.19 saya dan kelompok saya melakukan observasi di P.T.SEMARANG GARMENT di Jln. Soekarno Hatta Km 25 Wujil, Kec. Bergas, Kab. Semarang. Disana saya mewawancarai ketua RT 08 RW 01 yang bernama Bapak Untung Susilo (64 thn) dan istrinya yang bernama Witarti (55 thn). Penghasilan Bapak Untung per hari kurang lebih 900 ribu, sebelum mendirikan warung makan pak Untung berprofesi sebagai tukang bengkel mobil. Pak Untung menjabat ketua RT sudah 4 periode. Di RT 08 terdapat 37 kepala kelurga dan kebnayakan pendatang yang menghuni RT tersebut. Bapak Untung Susilo sudah di desa tersebut 25 tahun dan beliau juga mendirikan warung makan untuk para pekerja di PT Garment. Banyak  RT-RT yang mendirikan tempat kost-kost-an antara lain RT 04. RT 09, RT 10, RT 05.

Read the rest of this entry »

TEORI ANTROPOLOGI C. LEVI-STRAUSS

TEORI-TEORI STRUKTURAL C. LEVI-STRAUSS

  1. RIWAYAT HIDUP LEVI-STRAUSS

Berbeda dengan teori-teori struktural yang dikembangkan oleh A.R. Radcliffe-Brown, para ahli antropologi Inggris lainnya, dan oleh J.P.B de Josselin de Jong beserta murid-muridnya, adalah teori-teori struktural yang dikembangkan oleh ahli antropologi Prancis yang terkenal bernama C.Levi-Strauss. Ia lahir di Brussel dalam suatu keluarga seniman pelukis Yahudi.

Read the rest of this entry »

ETNOGRAFI

 

UPACARA KASADA SEBAGAI RASA SYUKUR PENDUDUK TENGGER

Indonesia merupakan Negara kepulauan. Terdapat ribuan pulau di nusantara mulai dari ujung barat yaitu Sabang sampai ke ujung timur yaitu Merauke. Dari ribuan pulau yang tersebar di Indonesia tersebut muncullah keanekaragaman. Keanekaragaman tersebut dapat berupa perbedaan suku, ras, adat, kebudayaan dan lain sebagainya. Indonesia menjadi Negara yang kaya karena adanya berbagai perbedaan tersebut. Salah satu dari kekayaan Indonesia yaitu keanekaragaman kebudayaan. Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang tentu tidak kalah dari Negara lain dan sekaligus merupakan aset berharga bagi bangsa. Hal itulah yang membuat para wisatawan asing yang tertarik untuk mengetahui budaya Indonesia.

Read the rest of this entry »

ANTROPOLOGI PENDIDIKAN

FENOMENA PENDIDIKAN

DI MILB  YKTM BUDI ASIH SAMPANGAN SEMARANG

Tidak ada satu anak manusia yang diciptakan sama satu dengan lainnya. Tidak ada satu anak manusia yang tidak memiliki kekurangan. Tidak ada satu anak manusia yang ingin dilahirkan ke dunia ini dengan menyandang kelainan atau memiliki kecacatan. Demikian juga tidak akan ada seorang ibu yang menghendaki kelahiran anaknya menyandang kecacatan. Dengan demikian sejak kelahirannya ke dunia, anak yang mengalami kecacatan atau dikenal dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) sudah tidak dikehendaki oleh kedua orang tuanya. Konsekuensi logis bila ABK akan menghadapi banyak tantangan dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun lingkungan pendidikan.

Read the rest of this entry »

ANTROPOLOGI KESEHATAN

ASIKNYA BELAJAR ANTROPOLOGI KESEHATAN

Apa sih antropologi kesehatan ?

Pada semester awal sudah dijelaskan apa itu pengertian antropologi. Antropologi berasal kata “Anthropos” artinya manusia dan “logos” artinya ilmu. Jadi antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman. Budaya merupakan hasil karya manusia. Budaya lahir akibat adanya interaksi dan pemikiran manusia. Manusia akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka hasilkan. Budaya manusia juga akan ikut berkembang dan berubah dari masa ke masa. Hal ini terjadi pula pada budaya kesehatan yang ada pada masyarakat, budaya kesehatan akan mengalami perubahan. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang pesat dan teknologi yang semakin canggih, budaya kesehatan di masa lalu berbeda dengan kebudayaan kesehatan di masa sekarang dan yang akan datang.

Read the rest of this entry »

ANTROPOLOGI EKOLOGI

ANTROPOLOGI EKOLOGI

            Kerusakan lingkungan saat ini banyak terjadi di Indonesia. Contohnya yaitu kegiatan pertambangan pasir besi yang terjadi di Kabupaten Cilacap tepatnya di pantai Bunton Kecamatan Adipala. Tidak hanya di pantainya saja tetapi di pekarangan-pekarangan masyarakat juga di ambil pasir besinya. Hal ini menyebabkan pro dan kontra dengan masyarakat sekitar area pertambangan pasir besi. Sebelum diadakan proyek pertambangan pasir sebelumnya sudah ada perjanjian antara pemilik tambang pasir besi dengan masyarakat pemilik lahan yang akan diambil pasir besinya. Masyarakat pemilik lahan akan diberi sejumlah uang untuk mengganti lahan yang ambil pasir besinya, pemilik proyek tambang pasir besi juga berjanji akan menutup kembali lahan yang telah diambil pasir besinya. Walaupun telah di tutup kembali tetapi lahan tersebut masih saja amblas karena struktur tanah yang tidak seimbang dan ini menyebabkan keresahan bagi masyarakat sekitar. Semenjak di ada proyek pertambangan pasir besi, ketenangan warga desa di sekitar pantai Bunton menjadi terganggu, selain berisik dan banyaknya polusi udara karena keluar masuknya truk-truk besar, jalan yang dilalui untuk truk-truk besar juga menjadi rusak.