Analisis Sosiologi Pendidikan

Assalamu’alaikum Bloggers.

Kali ini saya akan menceritakan pada kalian bagaimana perkuliahan saya di UNP. Oh iyaa, di UNP perkuliahan sudah mencapai pertemuan Ke 13 lho..
Saya mulai dari hari Senin, 13 November 2017. Seperti biasa kali ini saya melakukan perkuliahan dengan Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan yang diampu oleh dosen Muda yang bernama Bu Liza. Mata kuliah ini diampu oleh dua dosen yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Bu Nurliza Wati atau biasa dipanggil bu Liza dan Dosen Senior, Pak Ikhwan. Mata kuliah ini dimulai pada pukul 9.40-12.20 WIB. Minggu ini adalah pertemuan ke 13 di UNP. Pada pertemuan kali ini masih dengan Presentasi oleh Satu Kelompok dengan membawakan kasus korupsi kepala sekolah dalam penerimaan siswa baru. Jadi disini seorang kepala sekolah yang memanfaatkan akreditasi bagus sekolah untuk korupsi, yaitu dengan cara membuka kelas baru. Memang sekolah yang dimaksud merupakan sekolah unggulan yang sangat diminati oleh siswa baru. Seleksi untuk masuk ke sekolah sudah diadakan dan menghasilkan beberapa nama yang masuk ke sekolah tersebut. Orang-orang yang ingin masuk tersebut siap membayar brapapun demi mendapatkan bangku.

Hal tersebutlah yang dimanfaatkan kepala sekolah yang kemudian ia diam-diam membuka kelas baru yang tentunya biaya masuknya sangatlah mahal. Kasus tersebutlah kemudian diananilisis oleh kelompok yang maju dengan menghubungkannya pada sosiologi Pendidikan. Mereka menggunakan teori Struktural Fungsional untuk menganalisis kasus tersebut. Teori Struktural Fungsional adalah teori yang menganggap bahwa masyarakat diibaratkan sebagai sistem yang saling berhubungan, jika ada salah satu sistem yang terganggu, maka sistem yang lain akan terganggu juga.

Saya sangat menyukai mata kuliah Sosiologi Pendidikan di UNP ini, karena selain Dosennya yang menurut saya cocok dan sangat berkompeten dalam bidangnya, dalam mata kuliah ini juga diajarkan untuk menganilisis beberapa kasus dengan teori. Bu Liza mencermati satu persatu permasalahan yang kami angkat, dan membantu memperbaiki hasil analisis kami di saat kami sudah mengampaikan pendapat kami.

Itulah salah satu mata kuliah yang saya sukai dalam seminggu ini.. Nanti akan saya sampaikan lagi beberapa mata kuliah yang menjadi mata kuliah favorit saya. Daaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: