Materi Pembelajaran Berdasarkan Silabus Sosiologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013

Dalam pelaksanaan pembelajaran sosiologi pada kelas XI dialokasikan selama 4 jam pelajaran per-minggu. Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung pada pembelajaran kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Pembelajaran untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan sebagai berikut:

  1. Materi Ke-1

Berdasarkan pada kompetensi dasar:

  • Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
  • Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis

Dari kompetensi dasar tersebut, terdapat materi pembelajaran sebagai berikut:

Pembentukan kelompok sosial

  • Dasar-dasar pembentukan kelompok
  • Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
  • Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok
  1. Materi Ke-2

Berdasarkan kompetensi dasar:

  • Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
  • Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial

Dari kompetensi dasar tersebut, terdapat materi pembelajaran sebagai berikut:

Permasalahan sosial dalam masyarakat

  • Permasalahan sosial di masyarakat
  • Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik
  • Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik
  • Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik
  • Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik
  1. Materi Ke-3

Berdasarkan kompetensi dasar:

  • Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis
  • Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.

Dari kompetensi dasar tersebut, terdapat materi pembelajaran sebagai berikut:

Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial

  • Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat
  • Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik
  • Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik
  • Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik
  1. Materi Ke-4

Berdasarkan kompetensi dasar:

  • Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
  • Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh kembangkan perdamaian di masyarakat.

Dari kompetensi dasar tersebut, terdapat materi pembelajaran sebagai berikut:

Konflik, kekerasan, dan perdamaian

  • Konflik, kekerasan, dan perdamaian
  • Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
  • Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
  • Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
  • Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian
  1. Materi Ke-5

Berdasarkan kompetensi dasar, sebagai berikut:

  • Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
  • Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar.

Dari kompetensi dasar tersebut, terdapat materi pembelajaran sebagai berikut:

Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan

  • Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
  • Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial
  • Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial
  • Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat

 

Notes: Tulisan ini hanyalah tentang materi pelajaran sosiologi kelas X semester 1 dan 2. Jika kalian ingin mendapatkan silabusnya klik Silabus Sosiologi SMA

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: