Kategori

Materi Antropologi untuk SMA Kelas X: Perilaku Menyimpang dan Sub Kebudayaan Menyimpang

Jika mengadopsi dari sosiologi, istilah penyimpangan atau deviance lebih ditekankan pada makna konotatifnya. Perilaku menyimpang atau so-cial deviance merupakan bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang ada dan berlaku di masyarakat. Rock dalam Dadang Supardan (2011, p.144) mengartikan perilaku menyimpang sebagai perilaku yang terlarang, perlu dibatasi, disensor, diancam hukuman, […]

Materi Antropologi untuk SMA Kelas X: Internalisasi Nilai-Nilai Budaya dalam Pembentukkan Kepribadian dan Karakter

Manusia memilliki potensi, bakat dan kecenderungan secara genetis untuk mengembangkan perasaan, hasrat, nafsu dan emosi kepribadianya. Kecenderungan untuk mengembangkan potensinya tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan baik lingkungan alam, lingkungan sosial, maupun lingkungan budayanya. Oleh karena itu proses internalisasi sendiri memiliki makna sebagai proses pengembangan potensi yang dimiliki manusia yang dipengaruhi […]

Materi Antropologi untuk Kelas X: Budaya, Perwujudan, Unsur, Isi atau Substansi Budaya, dan Nilai Budaya

Setelah materi yang sebelumnya kita belajar tentang hakikat antropologi serta fungsinya, yuk kita lanjut lagi belajar ke hal yang lebih mikro, yaitu tentanf budaya, unsur, substansi serta nilai-niai budaya.

[…]

Materi Antropologi untuk SMA Kelas X: “Hakekat dan Ketrampilan Antropologi dalam Mengkaji Kesamaan serta Keberagaman Budaya”

Apakah kalian sudah tau apa itu antropologi? Lalu apa peran dan fungsi dari antropologi itu sendiri? Agar lebih jelas mari kita simak dan pahami penjelasannya sebagai berikut!

[…]