Pantang Menyerah, sikap pembangun rumah ilmu # 13

264c64b3920e778-a1264

Apa kabar teman-teman ? kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk menghadapi masalah agar kita bisa menguasai sikap pantang menyerah. Pantang menyerah ini biasanya datang pada saat kita merasa bahwa kita sudah tidak sanggup lagi menghadapi masalah yang kita fikir sangat berat bagi diri kita. Pada saat itulah terkadang kita merasa sudah tidak sanggup lagi menghadapi masalah tersebut, sehingga tak jarang kita justru meninggalkan atau membiarkan masalah tersebut begitu saja, sehingga sering menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari. Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk menerapkan sikap pantang menyerah ? yuk kita cek bersama :

  1. Memperkuat niat

Niat yang kuat ternyata mampu membuat orang mengalahkan segala masalah yang ia hadapi. Misalnya saja, pada saat kita mengerjakan sesuatu, dan kita menemukan suatu masalah, maka kita harus kembali mengingat apa yang menjadi niat awal kita saat melakukan pekerjaan tersebut. Sehingga, pada saat kita menemukan masalah dalam pekerjaa tersebut, maka kita akn menganggapnya sebagian dari konsekuensi pekerjaan tersebut. Sehingga kita akan lebih siap dalam menghadapi segala masalah yang ada.

  1. Mengingat cita-cita

Selain niat, cita-cita juga mampu memperkuat tekad kita dalam menghadapi segala rintangan dan permasalahan yang ada. niat dan cita-citalah yang menjadi dasar kita dalam melakukan segala sesuatu. Dengan mengingat kembali cita-cita yang ingin kita gapai, maka pada saat kita menemukan suatu masalah, kita akan tergugah untuk menemukan solusi dari masalah-masalah tersebut. Sehingga secara tidak langsung, segala masalah yang kita hadapi merupakan bagian dari proses untuk mencapai cita-cita yang kita harapkan.

  1. Hadapi masalah

Saat kita menemukan suatu masalah, maka cobalah untuk menghadapinya serta menyelesaikan masalah tersebut samapai tuntas. Menemukan solusi merupakan cara agar kita segera menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Membicarakannya pada seseorang

Bila kita sudah merasa bahwa kita tidak sanggup menghadapi suatu masalah secara sendirian, maka cobalah komunikasikan masalah tersebut pada orang yang mungkin menguasai atau mempunyai banyak pengetahuan yang berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi. Selain kita dapat mencurahkan perasaan kita yang dapat membuat kita lebih lega, kita juga bisa mendapatkan jalan keluar dari orang tersebut, karena kita menghubungi orang yang tepat dan relevan dengan masalah yang sedang kita hadapi.

  1. Melaksanakan solusi dengan sabar dan ikhlas

Saat kita sudah mampu menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi, maka tugas kita selanjutnya yaitu melaksanakan solusi tersebut dengan sabar dan ikhlas. Sabar dan ikhlas akan membuat kita lebih kuat dalam menghadapi masalah tersebut. sabar diperlukan dalam melampaui segala masalah yang kita hadapi. Namun sabar disini tidak hanya menunggu secara pasif kapan masalah tersebut selesai, namun kita harus aktif untuk terus bertahan dalam menghadapi masalah tersebut. selainitu, sifat ikhlas juga dibutuhkan. Karena dengan ikhlas, kta mampu menerima apa yang sudah terjadi pada diri kita sehingga kita mampu menghadapi masalah yang ada secara bijak.

Demikianlah beberapa cara agar kita dapat menerapkan sikap pantang menyerah. Mahasiswa sangat diharapkan untuk memiliki sikap tersebut. mengapa ? karena di tangan pemudalah Indonesia akan ditentukan nasibnya. Maka sebagai pemuda, mahasiwa harus tangguh dan pandai dalam menghadapi masalah yang ada.

Dengan memiliki karakter pantang menyerah, maka Indonesia akan memiliki pemuda-pemuda yang berkualitas, dan kita sebagai mahasiswa UNNES pada khususnya, akan mampu berkontribusi dalam membangun rumah ilmu untuk mewujudkan Universitas Konservasi yang bereputasi.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

sumber gambar : https://www.google.com/search?q=pantang+menyerah&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjY_JuMnr3JAhXGBo4KHcFmADcQ_AUIBygB&biw=1366&bih=657#imgrc=3DxcUPryrwXUmM%3A

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: