Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Lingkungan Sebagai Salah Satu Karakter Dalam Membangun Rumah Ilmu Yang Bereputasi #9

cinta lingkungan

Tuhan telah menciptakan alam dengan segala isinya secara bersamaan. dan Tuhan telah menitipkannya kepada manusia. Maka sudah seharusnya manusia menjaga akan kelestarian alamnya dengan penuh tanggung jawab. Adanya sikap  menjaga kelestarian alam, hal ini menunjukan bahwa kita mencintai alam yang ada di sekitar kita.

Sikap cinta terhadap lingkungan sangat perlu ditumbuhkan di kalangan mahasiswa. Apalagi mengingat misi UNNES yang sedang berproses dalam membangun rumah ilmu, maka cinta terhadap lingkungan merupakan salah satu sifat yang perlu dikembangkan agar mahasiswa mempunyai karakter menghargai, melindungi, serta melestarikan alam. Sehingga mampu menciptakan mahasiswa yang berkarakter dan berkontribusi dalam membangun rumah ilmu yang bereputasi.

Lalu apa saja sikap yang dapat kita lakukan dalam menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap lingkungan ? mari kita bahas bersama :

1. Selalu menjaga kesehatan

Segala sesuatu memang dimulai dari hal yang kecil. mulailah menjaga kebersihan dimanapun. hal ini dapat dimulai di lingkungan rumah, tempat kos, kemudian di lingkungan kampus. Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, Maka rasa cinta terhadap lingkungan pun dapat tumbuh dengan sendirinya.

2. Membuang sampah pada tempatnya

Jangan pernah meremehkan sampah walau sekecil bungkus permen. Apabila kita melihat sampah, maka usahakan untuk membuangnya di tempat sampah. Karena dengan membuang sampah pada tempatnya, itu berarti kita mencintai lingkungan yang ada di sekitar kita melalui menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Menanam tumbuhan

Kini banyak sekali tanaman-tanaman hias maupun tumbuhan yang mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh yang dapat kita jadikan sebagai penghias pekarangan rumah. Kita dapat menanmnya di halaman rumah. Bahkan pemerintah telah menanam pepohonan di sepanjang jalan. Itu merupakan wujud dari kecintaan kita terhadap alam, karena dengan menanam tanaman, berarti kita ikut melestarikannya dan merupakan bukti rasa cinta kita terhadap alam.

4. Merawat tanaman setiap hari

Tidak hanya menanam tumbuhan saja, namun kita juga harus merawatnya setiap hari sebagai wujud rasa perhatian kita terhadap tumbuhan tersebut. Cara merawatnya yaitu dengan menyiraminya dua kali sehari pagi dan sore, kemudian memberikan pupuk, serta memberikan insektisida yang dapat melindunginya dari serangan hama.

5. memanfaatkan alam secara bijak

Alam memang diciptakan untuk manusia. Namun bukan berarti dengan pernyataan tersebut membuat kita sebagai manusia memanfaatkan alam dengan semaunya. Alam juga mempunyai kapasitas. Apabila manusia mempunyai sifat yang serakah dalam memanfaatkan alam, maka secara perlahan alam ini akan habis bila tidak diimbangi dengan aksi pelestarian alam yang nyata. Maka memanfaatkan alam secara bijak merupakan salah satu bentuk rasa cinta kita terhadap alam. Apabila kita ingin alam ini tetap lestari, maka gunakanlah alam sesuai kebutuhan, dan terus melakukan aksi pelestarian alam melalui penanaman pohon.

sumber gambar : https://www.google.com/search?q=cinta+lingkungan&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwig_cf297TJAhWUVI4KHXWJDt4Q_AUIBygB&biw=1366&bih=657#imgrc=JQWLv_I7DqZTJM%3A

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: