Percaya Diri, Sikap Yang Harus Dimiliki Sebagai Mahasiswa Untuk Ikut Berperan Dalam Membangun Rumah Ilmu Yang Bereputasi #8

pd

Apa kabar teman-teman semua ? pernah gak ngerasain yang namanya minder, tidak percaya diri, dan lain sebagainya. Sebagai manusia, kita pasti pernah merasakan itu. Namun kita tidak boleh meiliki sikap buruk tersebut hingga berlebihan, karena itu akan menghambtat diri kita sendiri dalam menggapai mimpi-mimpi yang kita inginkan. Lalu bagaimana cara agar dapat meningkatkan kepercayaan diri ? disini saya akan berbagi mengenai tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri, diantaranya yaitu :

  1. Senyum

Percaya atau tidak, tersenyum dapat membuat kita mengalahkan segala pikiran-pikiran buruk yang dapat membawa dampak negatif dalam hidup kita. Apapun yang terjadi, cobalah untuk tetap tersenyum saat bertemu dengan siapapun. walau terkadang kita menghadapi orang yang tidak menyukai akan kehadiran kita, atau meremehkan kita, tetaplah tersenyum. Karena sesungguhnya, mereka hanyalah mempengaruhi fikiran kita, semua bergantung pada diri kita sendiri, apabila kita menolak untuk menghiraukannya, maka itu tidak akan menjadi masalah yang berarti bagi kita.

  1. Jadikan penilaian rendah orang lain sebagai motivasi

Saat ada orang yang meremehkan kita, usahakan jangan lari darinya, kita harus terus mencoba menghadapinya. Karena masalah bukan untuk dihindari, masalah ada untuk dihadapi, maka dengan itu masalah akan selesai. Salah satu cara untuk menghadapi orang-orang yang meremehkan kita yaitu dengan menjadikan mereka sebagai motivasi untuk membuat diri kita menjadi hebat, sehingga disaat kita sudah mencapai prestasi, maka orang-oranng tersebut akan berhenti meremehkan kita dengan sendirinya.

  1. Positif thinking

Segala tindakan berasal dari fikiran kita, baik itu tindakan yang baik maupun yang buruk. Fikiran negatif akan menyebabkan tindakan buruk, sebaliknya, fikiran baik akan menimbulkan tindakan yang baik. Maka apapun penilaian orang terhadap kita, asal kita berada di posisi yang benar, bersikaplah untuk tetap percaya diri dengan selalu berfikir positif dalam menanggapi komentar-komentar yang ada tentang diri kita.

  1. Selalu tampil rapi

Penampilan merupakan salah satu yang juga harus kita perhatikan dalam meningkatkan kepercayaan diri. Dengan berpenampilan rapi, hal ini menunjukan bahwa kita menghargai diri sendiri dan orang lain. maka dari situlah kita merasa nyaman sehingga kepercyaan diri akan mudah tumbuh dengan sendirinya.

  1. Perbanyak relasi

Cara yang tidak boleh dilupakan adalah selalu bangun komunikasi dimanapun kita berada. Dengan membangun komunikasi yang baik, maka secara otomatis kita akan memiliki banyak relasi dimanapun kita berada. Dan dengan mempunyai banyak relasi, kita tidak akan merasa asing dengan lingkungan sendiri sehingga kepercayaan diri akan muncul dengan sendirinya seiring dengan banyaknya orang yang mengenal kita.

Demikianlah tips-tips yang mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri kita. So, terus semangat ya kawan dalam menjemput masa depan dengan penuh kepercayaan diri. Sampai jumpa…

 

sumber gambar : https://www.google.com/search?q=percaya+diri&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwivirHi_rDJAhUTBY4KHYuNBhsQ_AUICCgC&biw=1366&bih=657#tbm=isch&q=animasi+percaya+diri&imgrc=veB3HU8dehb-9M%3A

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: