Tegas Pada Diri Sendiri Sebagai Sikap Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Dalam Berkontribusi Membangun Rumah Ilmu Yang Bereputasi #7

tegs

 

Kali ini saya akan membahas salah satu sikap yang harus kita miliki sebagai mahasiswa, yaitu sikap tegas. Menurut saya, segala sesuatu yang terjadi bergantung pada diri kita masing-masing. Apabila kita berusaha untuk menggapai sesuatu dengan sungguh-sungguh, maka kita bisa mendapatkannya. Namun apabila kita melakukan usaha yang biasa saja dalam menggapai sesuatu yang kita inginkan, maka hasilnya akan setengah-setengah. Disinilah sikap tegas sangat dibutuhkan. Namun tegas pada diri sendiri adalah hal paling utama yang harus kita kuasai. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam membangun sikap tegas pada diri sendiri :

  1. Selalu ingat tujuan utama

Dalam melakukan sesuatu, kita harus tahu dan memahami apa yang menjadi dasar tujuan kita. Sebagai mahasiswa, kita harus mengetahui apa yang menjadi tujuan awal kita yang akan kita ingat terus sampai wisuda nanti. Mengetahui, memahami, serta mengingat tujuan hidup mampu membuat diri kita tegas untuk menghindari kegiatan yang kurang bermanfaat atau tidak relevan dengan apa yang menjadi tujuan kita sejak awal.

  1. Mengingat cita-cita

Masih ingatkah masa-masa saat kita masih di bangku SD ? Bapak dan Ibu guru kita pasti menanyakan apa cita-cita kita kelak. Mereka telah mengajarkan hal yang positif, bahwa sejak kecil kita harus sudah memilki cita-cita, sehingga dalam melangkah kedepannya kita tahu apa saja yang harus kita lakukan untuk dapat mewujudkan cita-cita yang kita inginkan. Maka, sudah saatnya kita tegas dalam menentukan cita-cita dan tegas dalam melakukan usaha-usaha untuk mewujudkannya.

  1. Tegas memilih aktivitas

Tegas dalam menentukan cita-cita saja tidaklah cukup. Terkadang ada kalanya kita dihadapkan dengan berbagai aktivitas yang sangat beragam yang dapat membuat kita terlena akan cita-cita yang sudah kita tentukan sejak awal. Maka disinilah diperlukan sikap tegas dalam memilah-milah kegiatan mana saja yang bermanfaat dan relevan dengan cita-cita kita. Kita juga harus tegas menolak apabila ada teman yang mengajak untuk bergabung dalam aktivitas yang kurang bermanfaat.

  1. Tegas untuk terus konsisten

Setelah menentukan cita-cita dan tujuan, maka langkah selanjutnya yaitu tegas pada diri sendiri untuk terus melakukan hal-hal yang sudah kita rencanakan dalam mencapai semua itu. Disinilah dibutuhkan jiwa yang besar dalam melakukannya. Karena konsisten selalu dihadapkan pada beberapa sifat manusiawi yang terkadang bertentangan dengan sikap yang positif, seperti malas, bosan, jenuh, lelah, dan lain sebagainya. Maka pada saat-saat inilah kita harus benar-benar tegas pada diri sendiri untuk mau mengingat kembali akan tujuan dan cita-cita yang harus kita capai.

  1. Tegas dalam mengatur waktu

Selain tips diatas, langkah selanjutnya yaitu memiliki sikap tegas dalam mengatur waktu. Caranya yaitu dengan membuat jadwal tentang pembagian waktu setiap kegiatan yang akan kita lakukan. Dengan membuat jadwal waktu kegiatan, maka kita sudah tahu kapan harus memulai sesuatu dan kapan harus mengakhirinya. Namun jadwal waktu kegiatan tersebut juga harus dilaksanakan, jadi tidak hanya sekedar dibuat, namun diiringi dengan tindakan nyata. Disinilah sikap tegas sangat diperlukan, yaitu tegas dalam menepati janji sendiri. Dengan memiliki sikap tegas dalam menepati jadwal waktu kegiatan yang sudah kita buat, maka yakinlah kita akan mampu memanfaatkan waktu kita untuk mengisinya dengan hal-hal bermanfaat dan berorientasi pada masa depan.

Marilah menjadi pribadi yang tegas pada diri sendiri. Semakin kita merasa mampu menguasai diri sendiri, maka akan semakin mudah bagi kita untuk dapat menggapai cita-cita yang kita inginkan. Semoga kita selalu diberikan ketegasan sikap dalam menggapai cita-cita kita.

 

sumber gambar : https://www.google.com/search?q=animasi+tegas&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjtgJyvmbHJAhULW44KHU_IC64Q_AUIBygB&biw=1366&bih=657#tbm=isch&q=bersikap+tegas+pada+diri+sendiri&imgrc=qdjsQbtApuxZNM%3A

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: