Archive for Desember 9th, 2015

Definisi/Pengertian Antropologi, Objek, Tujuan, dan Cabang Ilmu Antropologi

WAYANG123

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri. Read the rest of this entry »

PPT Pembentukan Budaya dan Sifat Budaya

KARIKATUR

Manusia dengan kebudayaannya akhirnya ikut menciptakan corak khas pola hubungan manusia dengan lingkungannya. Kebudayaan adalah hasil proses yang tercipta akibat pola hubungan manusia dengan lingkungannya (sharing process). Hasil dari proses sharing ini terus menerus disosialisasikan dan dimantapkan → tercipta hasil pemahaman, perilaku, penggunaan material yang sama tentang sesuatu. Untuk lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini.

KLIK DISINI !

Materi Antropologi Kelas X Bab 2 (Perwujudan, Isi/Substansi & Nilai Budaya)

MATERI POKOK :

  • Budaya, perwujudan, unsur, isi atau substansi budaya, dan nilai budaya

 

budayaa

  1. Pengertian budaya

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh, budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsurnya meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Kebudayaan adalah hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat (Selo Soemardjan & Soelaiman Soemardi). Read the rest of this entry »

Materi Antropologi Kelas X Bab 1 (Konsep dasar, peran fungsi, dan keterampilan Antropologi dalam mengkaji kesamaan dan keberagaman budaya)

MATERI POKOK :                          

  • Konsep Dasar, Peran Fungsi, Dan Keterampilan Antropologi Dalam Mengkaji Kesamaan Dan Keberagaman Budaya, Agama, Religi/Kepercayaan, Tradisi, Dan Bahasa.
  1. Konsep dasar antropologi

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dsb. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata “anthropos” dan ”logos”. Anthropos berarti manusia dan logos berarti ilmu. Jadi antropologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang suku bangsa/kebudayaan-kebudayaan manusia. Read the rest of this entry »