Materi Pembelajaran Sosiologi Kelas X : Fungsi Sosiologi Untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat

  • Sosiologi Sebagai Ilmu Sosial
  1. Pengertian Sosiologi

Istilah sosiologi pertama kali digunakan oleh Auguste Comte (1798-1859). Comte menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu tentang gejala sosial yang tunduk pada hukum alam dan tidak berubah-ubah. Pitirim A. Sorokin menyatakan bahwa sosiologi mempelajari hubungan dan pengaruh timbal-balik antara aneka macam gejala-gejala sosial. Terkait dengan gejala sosial yang menjadi objek kajian sosiologi tersebut, Manheim mengatakan ada tiga jenis sosiologi, yaitu sosiologi sistematis atau umum, sosiologi komparatif, dan sosiologi structural. Sosiologi structural bertujuan memberikan analisis semua gejala sosial structural yang dapat didefinisikan oleh sosiolog. Gejala-gejala sosial ini menurut Durkheim, harus dipahami sebagai fakta objektif di luar kehidupan subjektif dari individu. Selain tokoh-tokoh tersebut, ada banyak tokoh lain yang mendefinisikan pengertian sosiologi.

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Sosiologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Pembelajaran Pada Silabus Antropologi SMA Kelas XII


Alokasi waktunya adalah 112 Jam Pelajaran

  1. Materi Pembelajaran
  • Konsep-Konsep tentang Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi
  • Dampak Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Uncategorized | Tinggalkan komentar

Materi Pembelajaran Pada Silabus Antropologi SMA Kelas XI

Alokasi waktunya adalah 128 Jam Pelajaran

  1. Materi Pembelajaran
  • Pengertian tentang Metode Etnografi
  • Teknik Penelitian Etnografi
  • Deskripsi institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Pembelajaran Pada Silabus Antropologi SMA Kelas X

Alokasi waktunya adalah 96 Jam Pelajaran

  1. Materi Pembelajaran
  • Pengertian tentang Ilmu Antropologi
  • Konsep-konsep dasar Ilmu Antrpologi: Budaya (culture); Adat; Kelompok Etnik; Etnosentrisma, Relativisme Kebudayaan (cultural relativism), Emik; Etik; Holistik, Struktur Sosial; Bhinneka Tunggal Ika; Kerukunan nasional; Sikap Mental; Revolusi Mental
  • Sub-disiplin Ilmu Antropologi
  • Tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Antropologi SMA | Tinggalkan komentar

Review Budaya Kekerasan Dalam Perspektif Nilai-nilai dan Etika Masyarakat Jawa

Tulisan ini merupakan Tugas Mata Kuliah Sosiologi Politik semester 5

Dalam jurnal yang ditulis Nugroho Trisnu Brata dijelaskan bahwa Kraton Yogyakarta dan Kraton Surakarta  sebagai simbol kebudayaan Jawa yang identik dengan kebudayaan yang adiluhung, halus, klasik, hierarkis, dan aristokratis. Citra sebagai masyarakat Jawa sering digambarkan lemah gemulai dengan perilaku dan bahasanya yang halus. Tari-tarian dari kedua Kraton Jawa sering menjadi potret atau gambaran budaya Jawa yang halus dan penuh tata karma. Tetapi pada masa lalu  masyarakat Jawa adalah etnis yang keras dan menjadi “bangsa” penakluk. Budaya memiliki peran atau fungsi sebagai penuntun, pengarah, atau pemaksa bagi masyarakat. Nilai-nilai dan etika masyarakat Jawa diintegrasikan ke dalam 3 prinsip oleh Frans Magnis Suseno (1993) yaitu hormat, rukun, dan isin.

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Artikel Kuliah SosAnt | Tinggalkan komentar

Kajian-kajian Religi oleh Para Ahli Menurut Teori Evolusi, Difusi, dan Fungsionalisme

Tulisan dalam postingan ini merupakan Tugas Mata Kuliah Teori-teori Budaya semester 4. Sebagai fenomena universal yang kompleks, keberadaan agama dalam masyarakat telah medorong lahirnya banyak kajian tentang agama. Kajian-kajian agama berkembang sebab agama tidak dapat dipisahkan dari realitas sosial dan tak bisa dipungkiri bahwa realitas keagamaan berperan besar dalam perubahan dan transformasi sosial. Dalam kajian ini akan dibahas kajian-kajian agama berdasarkan teori evolusi, difusi, dan fungsionalisme.

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Artikel Kuliah SosAnt | Tinggalkan komentar

Pemetaan Awal Struktur Agraria Di Desa Ngaliyan Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung

Kali ini saya akan memposting tentang Pemetaan Awal Struktur Agraria di desa saya sendiri yaitu Desa Ngaliyan. Tulisan ini merupakan tugas kuliah Sosiologi Pedesaan semester 4. Yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah struktur penguasaan tanah, status dan bentuk kepemilikan tanah, distribusi kepemilikan tanah, ketunakismaan, pendapatan dan distribusi, dan kemiskinan. Lanjutkan membaca

Ditulis pada Artikel Kuliah SosAnt | Tinggalkan komentar

Materi Pembelajaran Pada Silabus Sosiologi Kelas XII

Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu. Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Sosiologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Pembelajaran Pada Silabus Sosiologi Kelas XI

Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu. Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Sosiologi SMA | Tinggalkan komentar

Materi Pembelajaran Pada Silabus Sosiologi Kelas X

Alokasi waktu 3 jam pelajaran/minggu. Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Lanjutkan membaca

Ditulis pada Sosiologi SMA | Tinggalkan komentar