Stadium Generale : The Use of Schoolbook as An Education Online Portal Utulized for Teaching, Learning and Research

Pada tanggal 12 september 2017 pukul 09.00-11.30 WIB, saya mengikuti Stadium Generale, Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Acara tersebut diselenggarakan setiap tahun oleh jurusan Sosiologi dan Antropologi dengan judul “ The Use of Schoolbook as An Education Online Portal Utulized for Teaching, Learning and Research”. Kali ini jurusan Sos-Ant mendatangkan narasumber dari Filipina, beliau adalah Luis Carmelo L Buenaventura, Ph. D atau lebih sering dipanggil Doc B. menjabat sebagai Associate Professor of Sosiology an Antropology, Social Science Department,College of Liberal Arts and Communication, De La Salle University. Walaupun dari Filipina namun beliau dapat berbahasa Indonesia dengan baik, itu karena istrinya dari Indonesia. Peserta Stadium Generale tersebut adalah mahasiswa Sosant semester 1, 3, dan 5.

Menurut pemaparan Doc B schoolbook bukan merupakan buku sekolah melainkan suatu analogi facebook yang berisi materi-materi pembelajaran. Jadi proses perkuliahan tidak hanya dilakukan dengan cara bertatap muka didalam kelas saja, tetapi juga bisa dilakukan diluar kelas secara online. Adanya schoolbook dapat meminimalisasi penggunaan kertas sehingga dapat mengurangi sampah. Schoolbook merupakan aplikasi yang masih muda karena dididirikan tahun 2012, tidak ada kendala pada mahasiswa, tapi terdapat kendala pada para dosen yang sudah tua yang kesulitan dalam mengoprasikannya.

Schoolbook berfungsi sebagai sistem manajemen pembelajaran, dimana dosen membuat suatu kelas elektronik (e-class) untuk berbagi materi pembelajaran dan desain pembelajaran online. Schoolbook dapat juga digunakan sebagai alat komunikasi dan sumber daya melalui: pengumuman/fitur berita, pesan, obrolan, atau penyerahan penghargaan. Setiap fakultas juga harus menyediakan suatu web presence untuk semua mata kuliah. Dapat juga menggunakan sistem e-class yang dilakukan dalam model 50% untuk kegiatan online dan 50% lain untuk kegiatan bertatap muka natara dosen dengan mahasiswa di ruang kelas. Aplikasi tersebut dapat juga didownload dengan android. Terdapat keuntungan dari schoolbook dari sudut pandang mahasiswa, dosen, dan orang tua.

Keuntungan schoolbook dari sudut pandang dosen dan mahasiswa yaitu meningkatkan konsep belajar, mahasiswa dalam pembelajaran online tidak dibiarkan sendiri atau terisolasi, dosen langsung memberikan umpan balik mengenai prestasi akademi mahasiswa.

Keuntungan schoolbook dari sudut pandang orang tua yaitu dapat memantau anak merkea dalam perkuliahan yang didasarkan pada evaluasi penilaian online sehingga anak tidak bida membohongi ornag tuanya, dapat memantau kehadiran anaknya dalam kuliah tersebut, dapat mengetahui langsung mengapa nilai anak mereka rendah.

Dari berbagai keuntungan tersebut terdapat pula kelemahan schoolbook yaitu sebagai berikut : kemalasan dari banyak mahasiswa dalam mengerjakan tugas deadline, banyak alasan yang tidak berdasar seperti sinyal lemah, adanya kecenderungan besar untuk menjiplak/plagiarisme tulisan orang lain, dan terlalu transparan bagi mahasiswa karena orang tua dapat mengetahui nilai sebenarnya.

Dari ulasan tersebut menurut saya sangat menarik karena dibuatnya schoolbook tersebut terdapat banyak sekali manfaat walaupun ada kelemahannya. Dibuatnya sistem e-class dapat mengurangi rasa bosan mahasiswa.

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel Kuliah Sosant. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: