Konsep Disease dan Ilness

Tulisan ini tentang konsep disease dan ilness yang diperoleh dari tugas kuliah pada semester 5. Dalam mata kuliah antropologi kesehatan.

  1. Pengertian konsep disease & illness
  • Disease adalah Pandangan sakit menurut para ahli medis modern yang memandang sakit sebagai gangguan pada tubuh manusia yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan menyebabkan berkurangnya fungsi anggota tubuh.
  • Illness adalah pandangan sakit dalam perspektif kultural, dimana seseorang dikatakan sakit apabila sudah tidak dapat menjalankan fungsi dan peran dengan baik serta beraktivitas seperti biasanya.
  1. Faktor pembeda dari kedua konsep tersebut
  • Pandangan penyakit, menurut konsep disease sebagai suatu konsep patologi yaitu pengetahuan dan pemahaman mengenai penyakit dan mengidentifikasi suatu penyakit dalam konteks kedokteran. Sedangkan konsep illness sebagai suatu konsep kebudayaan yaitu orang dikatakan sakit apabila tidak dapat menjalankan fungsinya dalam masyarakat.
  • Pendiagnosaan sakit, menurut konsep disease pendiagnosaan sakit dilakukan di laboratorium oleh para ahli medis. Sedangkan pendiagnosaan sakit menurut konsep illness dilakukan oleh individu yang sakit tersebut.
  • Definisi sakit, menurut konsep disease setiap masyarakat mempunyai sakit yang sama yang disebabkan oleh virus dan bakteri, sedangkan menurut konsep illness yaitu anggapan sakit menurut suatu masyarakat berbeda dengan masyarakat lainnya.
  • Orang yang menyembuhkan penyakit, menurut disease adalah para ahli medis seperti dokter, perawat, mantri. Sedangkan illness yaitu dukun, tabib, kyai, tokoh agama, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kekuatan gaib.
  • Teknik penyembuhan, disease dengan minum obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Illness dengan mengguanakan teknik yang diajarkan disetiap budaya dalam masyarakat.
  1. Contoh empirik konsep disease dan illnes dalam kehidupan masyarakat
  • Didesa saya desa Mojotengah jika ada orang yang sakit mata (belekan) cara penyembuhannya yaitu dengan matanya diolesi dengan bawang merah, namun di daerah Cilacap penyembuhannya dengan menggunakan air kencing. Sedangkan oleh medis itu diberikan obat penetes mata.
  • Didesa saya jika ada orang yang mengalami sakit leher sebelah (tengeng) diobati dengan cara menjemur bantal yang digunakannya tidur lalu kemudian ditiduri pada leher sebelah yang sakit saja. Sedangkan oleh medis diberikan krim yang sifatnya panas.
  • Didesa saya terdapat orang yang memiliki penyakit parah dan aneh, orang tersebut sudah berobat ke mana-mana, dan di semua rumah sakit di Temanggung sudah dijalaninya namun penyakitnya tidak dapat didiagnosis, sehingga pihak keluarga memutuskan untuk beralih berobat kepada orang pintar didaerah tersebut dan dapat disembuhkan. Jadi kebanyakan orang yang mengalami sakit parah perginya ke orang pintar yang khasiatnya dapat diperoleh dengan cepat.
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel Kuliah Sosant. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco