Materi Pembelajaran II Antropologi Kelas X

  • Penjabaran Materi

Diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat kedalam kelompok-kelompok tertentu berdasarkan persamaan dan perbedaan anggota masyarakat tersebut. Dalam penggolongan diferensiasi sifatnya sama rata, sehingga tidak menimbulkan tingkatan. Dalam diferensiasi sosial terdapat tiga ciri yaitu, ciri fisik, ciri sosial, dan ciri budaya. Ketiga ciri tersebut menjadi tolak ukur dalam diferensiasi sosial.

Penggolongan sosial masyarakat berdasarkan kriteria:

  1. Diferensiasi Suku Bangsa

Suku bangsa atau etnis merupakan sekelompok manusia yang anggotanya mengidentifikasikan dirinya sama berdasarkan garis keturunan yang sama. Adanya ciri khas dan kesamaan yang dimiliki yaitu kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku dan ciri biologis. Antar suku bangsa tidak aada yang unggul satu sama lainnya, mereka setara.

  1. Diferensiasi Agama

Agama adalah suatu kepercayaan yang menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupannya. Agama memiliki ikatan yang kuat dengan seseorang karena setiap agama memiliki aturan masing-masing. Di Indonesia terdapat enam agama besar, diantaranya yaitu islam, kriste, katolik, hindu, buha, dan konghu chu. Keenam agama besar tersebut tersebar di Indonesia, dan pemeluknya hidup berdampingan. Dalam agama tidak ada tingkatannya, karena semua agama setara.

  1. Diferensiasi Profesi

Diferensiasi profesi adalah pengelompokan masyarakat berdasarkan pekerjaannya. Setiap masyarakat memiliki ilmu pengetahuan, minat, bakat, dan kekayaan yang berbeda-beda. Dalam setidap profesi memiliki atau membutuhkan keterampilan khusus. Profesi yang ada di masyarakat yaitu guru, dokter, pegawai negeri, buruh, pedagang, sopir, dan lain sebagainya.

  1. Diferensiasi Jenis Kelamin

Jenis kelamin adalah kelompok dalam masyarakat yang didasarkan pada perbedaan jenis kelamin. Diferensiasi ini terjadi dalam dua kelompok yaitu laki-laki dan perempuan. Dalam peranan laki-laki dan perempuan di dalam masyarakat sangat penting dna keduanya berjalan seimbang tidak saling mengungguli.

  1. Diferensiasi Ras

Ras adalah salah satu pengelompokan yang digunakan berdasarkan ciri fisik, kondidi geografis, dan suku. Dalam ras dapat dilihat perbedaannya secara langsung seperti warna kulit, rambut, postur tubuh, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak membuat dampak negatif dalam masyarakat namun, dapat menjadikan suatu perbedaan dalam keseimbangan.

  • Bahan bacaan pendukung, berita faktual tentang hidup damai antara perbedaan
  • Penugasan
  1. Apa yang anda ketahui tentang diferensiasi sosial?
  2. Bagaimana contoh diferensiasi soosial dalam masyarakat Indonesia?
  3. Bagaimana mereleksikan pengelompokan masyarakat agar memiliki jiwa kekeluargaan?

Sumber:

http://www.ilmudasar.com/2017/05/Pengertian-Ciri-Jenis-dan-Bentuk-Diferensiasi-Sosial-adalah.html

Materi Pembelajaran 2 Antropologi Kelas X

 

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco