Materi Pembelajaran 1 Antropologi Kelas XII : Konsep Perubahan Sosial Terhadap Kehidupan Sosiokultural Masyarakat Indonesia

Materi ini saya dapat dari blog Rima Ayu Dewanti

Materi Pembelajaran 1 Antropologi Kelas XII : Konsep Perubahan Sosial Terhadap Kehidupan Sosiokultural Masyarakat Indonesia

Setelah kita mempelajari materi pembelajaran dari kelas X dan XI, selanjutnya kita mulai membahas materi pembelajaran kelas XII yang terdiri dari tiga bab. Pertama yang akan dibahas yaitu konsep perubahan sosial terhadap kehidupan sosiokultural masyarakat di Indonesia. Paparan ini merupakan materi pengayaan yang diambil diluar buku paket SMA, dan untuk lebih memahaminya kalian dapat membaca paparan dibawah ini.

Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan, baik itu bagi masyarakat yang bersangkutan masupun masyarakat luar yang memahaminya. Dalam perubahan ada perubahan yang sifatnya lambat namun ada pula yang sifatnya cepat. Perubahan-perubahan dalam masyarakat dapat berupa nilai sosial, pola perilaku, organisasi, lembaga kemayarakatan, kekuasaan dan wewenang, dan interaksi sosial.

Pengertian perubahan sosial menurut para ahli:

  1. Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi, mengemukakan bahwa perubahan sosial merupakan suatu varian dari cara hidup yang diterima, baik akibat kondisi geografis, kebudyaaan, penduduk, ideologi, maupun karena difusi dalam masyarakat tertentu.
  2. Roger, mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan suatu proses yang telah menciptakan perubahan-perubahan dalam struktur dan fungsi atas suatu sistem kemasyarakatan.
  3. Soerjono Soekanto, menjelaskan bahwa perubahan sosial adalah semua perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam masyarakat yang memperngaruhi sistem sosial termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku dalam kelompok masyarakat.

Bentuk-bentuk perubahan sosial:

  1. Perubahan Evolusi dan Revolusi
  • Perubahan evolusi adalah suatu perubahan sosial yang terjadi dalam proses yang lambat dan dalam waktu yang cukup lama.
  • Perubahan revolusi adalah suatu perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan proses yang cepat dan tidak direncanakan sebelumnya.
  1. Perubahan yang Dikenhendaki dan Tidak Dikehendaki
  • Perubahan sosial yang dikehendaki adalah perubahan sosial yang terjadi karena adanya perencanaan dari pihak-pihak yang menghendaki perubahan.
  • Perubahan sosial yang tidak dikehendaki adalah perubahan yang berlangsung diluar kehendak dan pengawasan masyarakat.
  1. Perubahan Kecil dan Besar
  • Perubahan kecil adalah perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dan tidak membawa pengaruh langsung atau berati dalam masyarakat.
  • Perubahan besar adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial yang memberikan pengaruh langsung atau berati dalam masyarakat.

Dalam suatu perubahan sosial pastilah ada suatu dampak bagi masyarakat, baik itu dampak positif maupun negatif. Paparan selanjutnya yaitu membahas tentang dampak positif dan negatif perubahan sosial dalam masyarakat.

Dampak positif

  1. Munculnya nilai dan norma baru
  2. Berkembangnya penguasaan IPTEK
  3. Meningkatnya tingkat pendidikan formal
  4. Terbukanya mobilitas bagi masyarakat

Dampak negatif

  1. Adanya disorientasi nilai dan norma
  2. Berkembangnya sifat Individualisme
  3. Meningkatnya budaya konsumtif masyarakat
  4. Adanya kesenjangan sosial

Kalian dapat membaca contoh berita faktual mengenai perubahan sosial dengan klik http://internasional.kompas.com/read/2012/09/19/12320686/Penambahan.Jam.Sekolah.karena.Perubahan.Sosial

Penugasan:

  1. Jelaskan pengertian perubahan sosial menurut anda?
  2. Bagaimana bentuk perubahan sosial dalam masyarakat?
  3. Dari paparan diatas carilah contoh kasus perubahan sosial, dan kemudian analisis.

Sumber Referensi

Lumintang, Juliana. 2015. Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Kemajuan Pembangunan Masyarakat Di Desa Tara-Tara I. Jurnal Acta Diurna. Vol. IV. No. 2

Rosana, Ellya. 2011. Modernisasi dan Perubahan Sosial. Jurnal TAPIs. Vol.7. No. 12

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco