Saat ini destinasi wisata pantai banyak dilirik oleh para wisatawan. Di indonesia banyak pantai-pantai indah dengan pesona alam yang natural dan eksotis. Keadaan ini tentunya memberikan keuntungan besar bagi indonesia. namun disisi lain sampah masih menjadi kendala. Banyak wisata pantai baru yang ditemukan dan dibuka untuk umum, namun hal itu justru menjadikan penyabab bertambahnya sampah yang sulit terurai seperti sampah plastik. selain karena wasilitas tempat sampah yang memadai juga karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. kedua hal tersebut merupakan masalah besar bagi keadaan wisata di indonesia.

Selain sampah plastik ada pula sampah organik seperti ranting pohon yang terbawa oleh arus yang besar di pantai selatan jawa. ketika sampah-sampah tersebut sudah menumpuk tentunya akan mengganggu wisatawan pengunjung. Lingkungan yang kotor membuat fungsi pantai yang awalnya sebagai tempat rekreasi menjadi tidak berfungsi. Bukan hanya tidak enak di pandang atau buruk bagi kesehatan tetapi kawasan pantai yang kotor membuat jumlah para pengunjung berkurang dan hal ini berhimbas pada perekonomian desa.

Sebenarnya sampah sampah organik yang terdiri dari ranting-ranting atau pohon-pohon bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai seni dan ekonomis, seperti di buat boneka dari rumput, pigura dari ranting-ranting pohon, dan masih banyak lagi. Alam telah memberikan semua kebutuhan manusia hanya saja alam memerlukan timbal balik dari manusia untuk dirawat.

Sampah-sampah seperti ranting pohon dan rumput bukan hanya di temukan di laut, namun juga dimanapun bisa menjumpainya selagi masih ada pepohonan. Di kampus konservasi terdapat banyak pepohonan dan menghasilkan sampah ranting, daun dan rumput. Selain dimanfaatkan sebagai pupuk kompos, sampah-sampah ini bisa dibuat kerajinan unik seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Dengan bahan yang gratis akan menghasilkan karya unik yang memungkinkan pula menambah uang saku bagi mahasiswa. Melihat keadaan sekitar yang awalnya diabaikan bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menarik.