Peningkatan Budaya Membaca Melalui Perpustakaan Modern dan Mengembalikan Keeksisan Perpustakaan di kalangan Mahasiswa

 

perpusIMG20150909110541

 

Perpustakaan adalah tempat menyimpan bahan koleksi baik cetak maupun non cetak yang didalamnya mengandung ilmu pengetahuan dan informasi terkait, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Perpustakaan berkembang sangat cepat, seperti cara pelayanannya yang sudah menggunakan sistem otomasi dan banyak bermunculan perpustakaan digital.

Dalam dunia pendidikan keberadaan perpustakaan memegang peranan penting dalam meningkatkan prestasi mahasiswa. Keberadaannya dianggap sangat membantu mahasiswa dalam hal meningkatkan minat baca dan menyediakan koleksi bahan bacaan bagi mahasiswa untuk keperluan tugas belajar, sedangkan bagi dosen keberadaan perpustakaan sangat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam undang-undang (UU) No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menjelaskan bahwa tugas dan kewajiban perpustakaan adalah ikut bertanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya bagi mahasiswa di lingkungan tempat perpustakaan tersebut berada. Adapun tugas khusus dari perpustakaan adalah mendukung upaya peningkatan minat baca, sehingga terwujudnya budaya membaca masyarakat Indonesia. Dalam artikel ini saya berusaha menuangkan beberapa solusi bagaimana meningkatkan minat baca mahasiswa melalui perpustakaan modern. Hal-hal yang akan saya sampaikan dalam upaya peningkatkan minat baca mahasiswa adalah sebagai berikut.

 

Pelayanan yang baik

Perpustakaan identik dengan pelayanan. Perpustakaan bisa dikatakan berjalan apabila adanya aktivitas pelayanan. Bahan-bahan pustaka harus tersedia bagi para pemustaka. Untuk bisa mewujudkan pelayanan yang baik Sumber Daya Manuasia (SDM) dalam hal ini pustakawan dituntut harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Dengan baiknya pelayanan di dalam perpustakaan, pengunjung akan merasa senang dan menimbulkan keinginan untuk datang berkunjung lagi.

Untuk menambah minat baca mahasiswa. Pustakawan juga harus kreatif melakukan promosi bahan koleksi perpustakaan dengan berbagai cara misal menggunakan media teknologi dalam bentuk video perpustakaan. Dengan menggunakan cara seperti itu para pengunjung akan lebih tertarik dan informasi yang terkandung didalamnya akan mudah diserap dan dipahami.

 

Megadakan Lomba dan Event

Mengadakan lomba dan event juga menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca mahasiswa. Misalnya mengadakan lomba esai, paper, karya ilmiah, cipta puisi, menulis cerpen dan sebagainya. Dengan memanfaatkan bahan koleksi perpustakaan sebagai bahan referensi bagi peserta lomba, selain itu perpustakaan harus meberikan penghargaan bagi mahasiswa yang paling sering mengunjungi perpustakaan dengan memberikan hadiah. Mengadakan berbagai kegiatan menarik lain seperti seminar, workshop, bedah buku, dan lain sebagainya. Dengan adanya kegiatan tadi mahasiswa secara tidak langsung melesarikan budaya membaca.

 

Membuat terobosan baru yaitu “Perpustakaan Modern”

Perpustakaan Modern di sini maksudnya membuat terobosan baru dalam upaya peningkatan budaya membaca yaitu membuat perpustakaan berjalan. Perpustakaan berjalan ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa memperoleh referensi tanpa perlu jauh-jauh mengunjungi perpustakaan utama. Perpustakaan modern juga ditekankan disini, seperti yang telah Universitas Negeri Semarang terapkan. Unnes mampu menciptakaan perpustakaan digital yang dapat mempermudah dalam proses kegiatan perpustakaan.

 

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa upaya untuk  meningkatkan budaya bembaca melalui perpustakaan modern dan mengembalikan keeksisan perpustakaan di kalangan mahasiswa bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti diatas, untuk itu pustakawan harus lebih maksimal dalam melakukan pelayanan dan mampu mengeluarkan ide-ide kreatif yang bisa menambah motivasi mahasiswa untuk meningkatkan budaya bembaca. Selain pustakawan peranan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Saran  

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan minat baca di perpustakaan sekolah antara lain :

  1. Pustakawan harus ramah, tegas, cepat, dan tertib dalam melakukan pelayanan
  2. Pustakawan secara rutin melakukan promosi
  3. Koleksi yang up to date dapat menambah minat baca siswa-siswi untuk berkunjung dan membaca di perpustakaan
  4. Mengadakan lomba dan event
  1. Perpustakaan modern dengan menerapkan perustakaan berajalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: