UJIAN SUSULAN PRAKTEK LABORATORIUM POSTINGAN 2
1. Blog 1 (Rani Melina Siswoyo)
Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/meilinarani/
Tanggapan Kelebihan: Menurut Rani blog saya memuat artikel yang lengkap dan informative, tulisan rapi. Saya buat rapi agar memudahkan pembaca.
Tanggapan Kekurangan: terima kasih atas tanggapannya sist, tema sengaja saya buat sederhana karena saya suka dengan warna tersebut. saya buat kategori tersebut supaya tidak terlalu banyak, dan lebih kepada umum. Sehingga jika ingin mencari informasi terkait sosiologi atau anthropology SMA bisa klik pada kategori pembelajaran SMA.
Tanggapan Saran: Siap sist, saran saya terima. Terima kasih 😀

2. Blog 2 (Ika Yuni Ariyanti)
Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/ikayuni/
Tanggapan Kelebihan: terima kasih untuk tanggapannya ika, semoga bisa menambah kebermanfaatan dimanapun dengan tulisan di blog.
Tanggapan Kekurangan: Nanti saya akan rapikan tulisannya supaya tidak terihat panjang ika. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya ^^
Tanggapan Saran: akan saya rapikan nanti supaya lebih bagus lagi.

3. Blog 3 (Aenny Marroh)
Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/AennyMarroh/
Tanggapan Kelebihan: Terimma kasih, semoga bisa menambah kebermanfaatan dengan tuilsan di blog saya.
Tanggapan Kekurangan: sengaja saya memilih tema yang seperti ini karena terlihat elegant, dan terkesan kalem. Namun apabila memang seperti itu akan saya pertimbangkan untuk mengganti tema. Untuk identitas, identitas yang seperti apa ya sist? Kalau nama dan biodata sudah saya cantumkan. Tetapi kalau foto memang sengaja tidak saya tambahkan 
Tanggapan Saran: terimakasih kak sarannya, akan saya pertimbangkan lagi untuk mengganti tema kalau ada tema yang cocok dengan pilihan saya.

Read the rest of this entry »

UJIAN SUSULAN PRAKTEK LABORATORIUM POSTINGAN 1.
1. Blog 1 (Min Hidayah m)
Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/hidaminhidayah/
Kelebihan: Blognya tersusun rapi, memudahkan pembaca atau pengunjung untuk mencari materi yang ada di blog, widget juga lengkap.
Kekurangan: kurang menarik karena terlalu sederhana dan terlalu flat. Walaupun rapi tapi pembaca akan mudah bosan.
Saran: Ubah blog lebih menarik lagi dengan tema yang lebih berwarna tetapi tidak berlebihan.

2. Blog 2 (Gisella Trioriva)
Alamat Blog: http://http://blog.unnes.ac.id/gisellatioriva/
Kelebihan: sudah rapi, sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh dosen. Sudah ditampilkan gambar juga sehingga lebih menarik.
Kekurangan: Kategori terlalu banyak, sebaiknya dipilih yang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Tema terlalu sederhana.
Saran: warnai blog dengan tema yang lebih bagus lagi, supaya bisa mendukung dengan widget yang sudah sempurna.

3. Blog 3 (Renny Ayuningsih)
Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/renny6maret/
Kelebihan: Blognya suah bagus, rapi, dan sesuai dengan yang dijelaskan dosen. Materi juga sudah ditambahkan dengan gambar sehingga lebih menarik.
Kekurangan: Kategori sebaiknya lebih di-generalisasikan. Supaya tidak terlalu banyak.
Saran: Kategori diperbaharui.

4. Blog 4 (Aenny Marroh)
Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/AennyMarroh/
Kelebihan: tema yang dipilih simple, materi yang diunggah juga sudah rapi . Widget yang ada di blog sudah lengkap.
Kekurangan: walaupun materi yang diupload sudah rapi dalam penulisan tetapi menjadi kurang menarik karena dalam materi yang diunggah tidak ada gambarnya. Karena jika hanya tulisan maka pembaca akan mudah bosan.
Saran: setiap artikel yang diunggah kalau bisa diberi gambar atau media supaya lebih menarik lagi. Daftr blog teman dibuat lebih sederhana saja.

Read the rest of this entry »

  1. Annisa Lutfiani (http://blog.unnes.ac.id/annisalifhfiani/) tampilan blog menarik hanya saja belum terlalu rapi. saran, dirapikan agar lebih menarik
  2. Daulah Mega (http://blog.unnes.ac.id/damesa13/) blog sederhana dan tidak rumit tetapi kurang menarik sehingga harus dipoles agar pembaca semakin menarik dengan tampilan.
  3. Maharani Elma (http://blog.unnes.ac.id/maharanielma/) tampilan dan konten sudah menarik hannya saja kurang rapi. ssaran agar dirapikan supaya pembaca tidak kesulitan.
  4. Abdurrahman (http://blog.unnes.ac.id/rohmansosant/) sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh dosen pengampu hanya terlalu sederhana. saran agar ditambah konten agar pembaca tertarik untuk membaca
  5. Saka Mahardika (http://blog.unnes.ac.id/sakapleng/) konten sudah lengkap hanya kurang diberi gambar, blog diberi gambar agar lebih menarik pembaca.
  6. Setiawati (http://blog.unnes.ac.id/setrong/) sesuai dengan yang diinginkan oleh dosen. lengkap, hanya saja kurang rapi sehingga pembaca kesulitan untuk memahami konten. saran agar dirapikan supaya memudahkan pembaca.
  7. Hesti Rofika Sari (http://blog.unnes.ac.id/hestirofika95/) konten yang ada di blog hesti sudah bagus hanya saja dalam pennulisan kurang rapi. mohon diperhatikan.
  8. Silfa Herawati (http://blog.unnes.ac.id/herawati/)
  9. Nur awaliya maulida (http://blog.unnes.ac.id/maulida27/) blog yang dibuat sudah sesuai, seperti widget dan materi yang diunggah. namun, penampilan kurang menarik sehingga sedikit yang tertarik. saran, agar dipoles lagi tampilannya dan link teman diperbanyak.
  10. Zakiyah Yuliati (http://blog.unnes.ac.id/zakiyahylt/) blognya bagus, tema dan konten, materi yang diunggah juga banyak. terlalu sederhana. blog dipoles lagi agar lebih menarik.

 

 

index

1. Perkembangan IPTEK
a. Pengertian IPTEK
Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang bersifat metodis, sistematis, dan logis. Jadi, ilmu adalah pengetahuan yang diperoleh melalui metode keilmuan, yakni diperoleh dengan menggunakan cara kerja yang rinci, sistematis, dan logis. Dengan demikian, ilmu pengetahuan dapat dikatakan sebagai pengetahuan ilmiah. Pengetahuan yang merupakan ilmu memiliki syarat dan ciri-ciri, antara lain memiliki objek, memiliki tujuan dan metode, bersifat empiris, rasional, dan objektif. Teknologi (ilmu teknik) adalah ilmu terapan. Teknologi mendorong diciptakan atau dikembangkannya ilmu pengetahuan yang lebih maju. Jadi, Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) itu saling berkaitan.

Perkembangan Iptek didunia juga sejalan dengan laju peradaban manusia. Seiring dengan berkembangnya Zaman iptek yang pada awalnya adalah suatu kebudayaan manusia berkembang menjadi sesuatu alat untuk membantu aktivitas manusia. Manusia yang selalu ingin berkarya menyebabkan manusia berlomba-lomba dalam penciptaan Iptek sehingga lupa dengan perubahan yang diakibatkan dari Iptek itu sendiri. Dengan demikian perkembangan Iptek sudah dimulai pada zaman purba dan berkembang sampai sekarang.

Jenis-jenis Iptek yang berkembang saat ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat. Pada keadaan yang membutuhkan manusia selalu melakukan inovasi. Misalnya, dalam bidang kesehatan, astronomi, teknologi, perhubungan, dan arsitektur.

Read the rest of this entry »

AGAMA DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT

agama

1. PENGERTIAN AGAMA DAN KEPERCAYAAN

Agama
Berasal dari bahasa sansekerta artinya menunjukkan kepercayaan manusia berdasarkan wahyu dari Tuhan. Secara etimologis berasal dari suku kata A-Gam-A berarti tidak pergi atau tetap atau kekal jadi agama dapat diartikan pedoman hidup yang kekal.
Menurut Kitab Sunarigama, berasal dari kata A-Ga-Ma berarti ajaran tentang hal-hal yang sifatnya misteri.
Menurut KBBI agama adalah ajaran atau system yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan YME serta kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia serta lingkungannya.

Read the rest of this entry »

Etnogafi

Posted by: Ayustya Citarestu in Antropology, Pembelajaran SMA No Comments »

Artikel tentang Metode Etnografi dan Manfaatnya dalam Mencari Solusi Berbagai Permasalahan Sosial Budaya

Happy Reading!!
Etnografi adalah metode yang paling lazim digunakan di berbagai penelitian antropologi. Berdasarkan beberapa referensi yang pernah say abaca, secara singkat dapat dirumuskan bahwa metode etnografi adalah strategi pendeskripsian pola-pola berkomunitas suatu suku di wilayah tertentu. Metode ini lahir hampir bersamaan dengan lahirnya ilmu antropologi yang sekaligus menjadi embrio dikenalnya ilmu ini, ilmu yang lebih mengandalkan pengamatan dan analisis terhadap perkembangan kebudayaan manusia berkomunitas, dari waktu ke waktu yang sarat dengan berbagai perubahan, sebagai sebuah keniscayaan. Etnografi yang biasa disebut field work merupakaan acuan yang paling banyak digunakan di dalam penelitian antropologi lewat metode partisipasi observasi dengan melibatkan diri peneliti secara langsung ke dalam masyarakat yang ditelitinya atau yang dianalisisnya.
Menurut Margaret Mead, Antropologi sebagai ilmu pengetahuan secara keseluruhan tergantung pada laporan-laporan kajian lapngan yang dilakukan oleh individu-individu dalam masyarakat yang nyata hidup. Ini artinya bahwa betapa pentingnya antropologi dan etnografi sebagai salah satu bagian antropologi dalam melihat permasalahan masyarakat. Dengan metode etnografi pengamatn dan analisis masalah dapat dilakukan karena dinilai mendalam dalam menyajikan data yang ada.

Read the rest of this entry »

Kali ini saya akan menyajikan artikel tentang Perubahan Budaya dan Melemahnya Nilai-nilai Tradisional. Artikel ini berkitan dengan mata pelajaran Antropologi SMA kelas XI. Silakan dibaca karena membaca membuat kita mengerti

kebudayaan
Bangsa Indonesia terkenal dengan kebudayaannya yang beraneka ragam. Pada setiap daerah masyarakat kita mengembangkan budayanya masing-masing. Kebudayaan yang dikembangkan di daerah-daerah dinamakan kebudayaan lokal. Kebudayaan dan masyarakat ialah satu hal yang tidak dapat dipisahkan karena masyarakat pasti memiliki budaya. Setiap masyarakat pasti akan mengalami perubahan. Perubahan budaya menekankan pada perubahan system nilai yang mengatur tingkah laku suatu masyarakat.
Dalam hidupnya, manusia memiliki naluri untuk mengembangkan daerah kekuasaannya dengan melakukan migrasi atau perpindahan. Perpindahan tersebut berawal dari upaya manusia memenuhi kebutuhannya yang berkaitan dengan mata pencahariannya. Proses migrasi ini membawa dampak terhadap proses penyebaran kebudayaan dari satu daerah ke daerah lain. Dengan adanya migrasi (perpindahan manusia dari daerah satu ke daerah lain), maka terjadilah proses difusi, akulturasi, asimilasi, dan penetrasi budaya.

Read the rest of this entry »

Ukhuwah

Posted by: Ayustya Citarestu in Karya No Comments »

Di dunia ini,
Duhai, ada banyak sekali momen-momen terbaik
Meski singkat, sekejap
Yang jika belum terjadi langkah berikutnya
Maka dia akan selalu spesial.
Read the rest of this entry »

Silabus Sosiologi Kelas XII

Posted by: Ayustya Citarestu in Sosiology No Comments »

Hai kawan, silahkan klik link ini untuk melihat silabus sosiologi kelas XI. Happy reading!!

SILABUS Sosiologi Kelas XI

Silabus Sosiologi Kelas XII

Posted by: Ayustya Citarestu in Sosiology No Comments »

SILABUS Sosiologi Kelas XI

Lewat ke baris perkakas