Management Waktu, Sebagai Salah Satu Sikap Dalam Membangun Rumah Ilmu #6

 

jam

Hai teman-teman, apa kabar ? mari terus tumbuhkan semangat untuk hari esok yang cerah dan siap menanti :). Manajemen waktu. Kata-kata yang sering didengungkan untuk mahasiswa. Ya, sebagai mahasiswa kita harus pandai dalam membagi waktu, apalagi bagi mereka yang mempunyai aktivitas super padat, waktu merupakan kunci untuk bisa menjalankan segala aktivitas tanpa saling mengganggu aktivitas yang satu dengan yang lain. disini saya akan membahas mengenai manfaat mengatur waktu agar kita mampu mengoptimalkan setiap detik yang kita miliki untuk melakukan aktivitas yang positif dan bermanfaat. Namun sebelum itu, kita bahas dulu sebenarnya apasih management waktu itu ?

Menurut Atkinson, management waktu merupakan suatu jenis ketrampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seorang individu yang dilakukan secara terencana agar individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik – baiknya. Nah, setelah kita tahu apa itu management waktu, yuk kita cek apa saja sih manfaat memanage waktu ?

Dengan kesibukan yang cukup padat, adanya sikap untuk bisa memanage waktu adalah kunci yang harus kita miliki. Dengan pandai dalam mengatur waktu, ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan. Diantaranya yaitu :

  1. Mendahulukan kegiatan yang bermanfaat

Dengan management waktu kita akan lebih tahu prioritas kegiatan mana yang harus kita dahulukan terlebih dahulu. Dari mengetahui prioritas tersebut, maka secara tidak langsung kita akan menyingkirkan kegiatan-kegiatan yang sekiranya hanya membuang waktu secara sia-sia, hal ini akan membuat diri kita terbiasa dalam mengisi setiap detik yang kita lewatkan menjadi bermakna.

  1. Tugas dapat selesai tepat waktu

Seseorang yang mampu mangatur waktu dengan baik pasti akan memanfaatkan setiap detiknya dengan segala aktivitas yang bermanfaat. Maka bagi tugas menjadi hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu diatas aktivitas yang lain, dengan demikian tugas sudah menjadi hal utama yang harus diselesaikan. Disinilah akan tumbuh pula sikap disiplin.

  1. Menciptakan pribadi yang aktif dan berfikiran positif

Dengan management waktu yang baik, kita akan mengetahui hal-hal apa saja yang harus kita lakukan. Saat kita sudah merasa untuk terus memanfaatkan waktu seoptimal mungkin maka disaat kita memiliki waktu luang kita akan terus mencari-cari aktivitas apa yang dapat dijadikan sebagai pengisi waktu luang tersebut yang tentunya bermanfaat dan berorientasi pada kualitas diri. Dengan demikian, sudah menjadi hal yang pasti kita akan menjadi pribadi yang aktif.

Disamping itu, dengan segala aktivitas yang sudah kita atur waktunya dengan sedemikian rapi, akan merangsang fikiran kita untuk terus berfikir positif. Kenapa ? sebagai contoh, saat kita merasa gagal dalam menggapai sesuatu, kita akan segera bangkit dari kegagalan tersebut ketika kita mampu mengingat serta memahami betapa berharganya waktu. Sehingga kita tidak akan membiarkan waktu terlewat begitu saja.

  1. Membuat hari-hari menjadi lebih produktif

Saat kita berfikir untuk selalu memanfaatkan waktu, maka kita akan merangsang diri sendiri untuk terus melakukan banyak hal. Apabila kita sudah mampu konsisten dalam mengatur waktu, hari-hari yang kita lewati akan menjadi hari yang produktif dengan segala aktivitas yang kita lakukan. Sebagai contoh, ketika ada dua orang, satu diantaranya menjalani hari-harinya dengan santai dan tidak memiliki prioritas kegiatan dalam memanfaatkan waktu. Sedangkan yang satunya menjalani hari-hari dengan maksimal dalam memanfaatkan waktu sehingga dia mampu mengerjakan banyak hal. Dari kasus ini, kita sudah dapat menarik kesimpulan bahwa orang yang mampu mengatur waktunya dengan baik akan menjadikan harinya lebih produktif.

  1. Salah satu kunci sukses

Dari semua manfaat diatas, poin ini adalah yang paling utama. Memiliki keahlian dalam mengatur waktu akan menjadikan kita terbiasa untuk terus mengoptimalkan waktu yang kita miliki agar terus bermanfaat dan menghasilkan kegiatan yang positif. Dari sikap ini, maka secara tidak langsung kita akan mampu menguasai beberapa sikap seperti disiplin, teguh dalam memegang komitmen, aktif, berfikir positif, tegas, berwawasan luas, dan masih banyak lagi sikap yang bisa kita dapatkan. Nah semua itu adalah sikap yang dibutuhkan dalam menggapai kesuksesan. Jadi, marilah kita optimalkan waktu yang kita miliki untuk digunakan sebaik mungkin.

Nah, demikian posting saya mengenai manfaat management waktu. Mari kita belajar untuk terus aktif dan produktif sebagai mahasiswa melalui pemanfaatan waktu dengan baik. Apalagi mengingat bahwa Universitas kita merupakan Rumah Ilmu bagi para mahasiswanya, maka mulailah dari diri sendiri untuk membuat perubahan yang lebih baik demi masa depan cerah yang siap menanti. Tetap semangat ya teman-teman… J sampai jumpa di postingan selanjutnya…

 

sumber gambar : https://www.google.com/search?q=JAM+WAKTU&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjGrrCBn67JAhWEJI4KHQK8AKkQ_AUIBygB&biw=1366&bih=657#imgrc=JGtiaeqGFAa5gM%3A

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: