Jalan kaki ? siapa takut !

jalan

 

Jalan kaki, merupakan akitivitas yang dapat dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Aktivitas yang sangat mudah dan tidak memerlukan biaya ini ternyata membawa manfaat bagi kesehatan tubuh yang sangat luar biasa. Dengan berjalan kaki, kita akan memuat seluruh aliran darah yang ada dalam tubuh kita menjadi lancar. Mengapa hal ini dapat terjadi, seperti yang sudah kita ketahui bahwa segala aliran tubuh akan bertumpu pada titik-titik syaraf yang ada di telapak kain. Nah, dengan merutinkan jalan kaki, maka seluruh aliran darah yang ada dalam tunuh kita akn menjadi lancar karena titik-titik syaraf yang ada di telapak kaki secara rutin kita aktifkan melalui berjalan kaki. Itu sebagai salah satu contoh manfaat dasar dari jalan kai. Lalu apa saja manfaat jalan kaki lainnya ? mari kita chek bersama :

  1. Menyehatkan jantung

Ini merupakan manfaat yang paling utama dari jalan kaki. Jantung merupakan organ yang menjalankan seluruh aktivitas tubuh. apabila jantung sehat, mka organ lainnya juga akan sehat. Pada telapak kaki, terdapat syaraf yang terhubung langsung dengan jantung. Apabila syaraf tersebut sering diaktifkan, maka secara otomatis jantung mendapat rangsangan sehingga akan membuat detak jantung lebih teratur dan stabil.

  1. Menyehatkan paru-paru

Berjalan kaki secara rutin mampu membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Hal ini terjadi Karena saat kita berjalan kaki apalagi dengan tempo yang cukup cepat, maka akan merangsang paru-paru untuk bekerja optimal. Apalagi bila dilakukan di pagi hari, sudah pasti peru-paru kita akan lebih efektif karena udara yang kita hirup di pagi hari masih segar dan bersih.

  1. Menguatkan otot kaki

Ini, sudah pasti terjadi. Ketika kita berjalan kaki, maka kita akan menggerakkan otot-otot yang ada pada kaki kita untuk bergerak. Sehingga apabila jalan kaki kita jadikan olahraga rutin, maka otot kaki kita akan menjadi kuat dan tidak cepat lelah.

  1. Mencegah penyakit osteoporosis

Menjadikan berjalan kaki menjadi olahraga secara rutin, ternyata membawa dapak yang sangat positif bagi kesehatan tulang, terutama tulang belakang. Kesehatan tulang belakang tidak hanya didapatkan dengan mengkonsumsi susu kalsium, namun berjalan kaki adalah hal yang lebih utama. Karena saat kita berjalan kaki di luar, kita akan terbiasa menggerakkan tubuh dan berpengeruh langsung terhadap tulang belakang, sehingga mampu membantu tulang belakang menjadi kuat dan terhindar dari penyakit osteoporosis. Selain itu, ketika kita berjalan kaki di luar ruangan, kita juga mendapatkan vitamin D yang juga bermanfaat bagi kesehatan tulang.

  1. Alternatif diet

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang aman dan tetap sehat, maka berjalan kaki adalah solusi yang paling tepat. Mengapa bisa demikian ? karena berjalan kaki merupakan aktivitas yang mampu membakar kalori secara alami. Dengan berjalan kaki secara rutin di pagi hari, maka kalori yang ada dalam tubuh akan semakin berkurang dan berat badanpun secara otomatis turun.

Demikian beberapa manfaat berjalan kaki. Marilah menjaga kesehatan sebagai aset berharga tuk hari esok. Tetap semnagat ya kawan dalalm menjalani hari yang aktif dan produktif ! sampai jumpa…:)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: