Archive for category Umum

ULASAN AKHIR 10 BLOG SEJAWAT

IMG_20151230_185807

Blog nomor 1

  1. Nama Pemilik Blog : Putri Novitasari
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/putrinovitasari/
  3. Kelebihan/keunggulan : Dalam penulisannya sudah rapi dan widgetnya juga sudah tertata dengan rapi.
  4. Kekurangan/kelemahan : Temanya terlalu simple, seharusnya diberi gambar supaya lebih menarik dan pada artikel-artikelnya seharusnya juga dikasih gambar supaya para pengunjung ketika melihat pertama kali langsung tertarik dan ingin membacanya. Pada profil seharusnya diberi foto dan informasi tentang tujuan dibuatnya blog.
  5. Saran dan usulan tambahan/perbaikan : Perbaiki lagi dalam hal tampilan tema dan widgetnya, perhatikan juga saat akan ngpost artikel, sebaiknya diberi gambar supaya pembaca lebih memahami dan tertarik membaca artikel tersebut dan pada profil sebaiknya diberi foto dan lebih diperjelas lagi mengenai tujuan dibuatnya blog tersebut. Pada blog teman sebaiknya ditambah lagi.

Read the rest of this entry »

Video Negeri di Atas Awan Kaya Budaya Dieng Jawa Tengah

         Dieng adalah salah satu dataran tinggi yang memiliki tempat wisata dan menarik.  Berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Menurut sejarah, dataran tinggi Dieng disebut sebagai tempat para dewa dewi tinggal. Nama Dieng sendiri diambil dari bahasa Kawi: “di” yang artinya tempat atau gunung dan “Hyang” yang artinya dewa. Sehingga Dieng berarti daerah pegunungan tempat dewa dewi bersemayam. Mau tau lebih lanjut keunikan Dieng ? klik link dibawah ini iyaa 😀

clik clik 1

PPT Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Mau tau lebih lanjut tentang perkembangan Kurikulum di Indonesia dari awal kemerdekaan sampai kurikulum yang terbaru, jangan lupa klik link di bawah ini iyaa 😀

Klik disini !!!

Belajar Nama-Nama Suku Yuk !

suku

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa. Suku bangsa merupakan sekumpulan masyarakat yang memiliki kebiasaan dan budaya yang sama. Berikut ini adalah daftar nama suku-suku bangsa di Indonesia dikelompokkan berdasarkan provinsi dimana mereka tinggal. Untuk lebih tahu info lengkapnya klik link dibawah ini yes 😀

Klik Disini

Religi dan Etika Masyarakat Jawa

BUDAYA KEKERASAN DALAM PERPEKIF NILAI-NILAI DAN ETIKA MASYARAKAT JAWA

Kebudayaan Jawa identik dengan kebudayaan yang halus, sopan dan penuh tata karma. Tetapi masyarakat Jawa sebenarnya penuh dengan kekerasan. Pada masyarakat Jawa memegang erat 3 prinsip nilai-nilai dan etika yaitu hormat, rukun dan isin. Prinsip hormat yaitu bahwa setiap orang harus menunjukan sikap hormat sesuai dengan derajat dan kedudukannya. Prinsip rukun bahwa dalam kehidupan bermasyarakat kita harus hidup rukun tanpa adanya konflik, hidup tenang dan damai. Sedangkan isin adalah malu berbuat dan bertingkah laku yang tidak sesuai dengan etika dan nilai-nilai orang Jawa.

Read the rest of this entry »

EVALUASI PEMBELAJARAN

Dalam evaluasi pendidikan atau pembelajaran di sekolahan dapat digambarkan adanya input (bahan mentah yaitu calon siswa yang akan masuk sekolah), transformasi (mesin yang bertugas mengubah bahan mentah  menjadi bahan jadi dalam istilah pendidikan sekolahlah yang disebut transformasi), dan output (bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi) ada pula yang disebut dengan umpan balik (segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi). Oleh karena itu evaluasi di sekolahan meliputi: calon siswa, lulusan, dan proses secara menyeluruh.

Pendidikan disebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan adanya evaluasi kerena hal tersebut dapat memajukan lembaga dan proses pendidikan di sekolahan itu. Manfaat atau tujuan diadakannya evaluasi pendidikan adalah:  Read the rest of this entry »

STRUKTUR SOSIAL MASYARAKAT JAWA

RITUAL PROTES GAYA JAWA-YOGYA, SEBUAH ANALISIS ANTROPOLOGI-STRUKTURAL

Pengertian masyarakat Jawa-Yogya berasal dari asumsi bahwa kultur Jawa itu homogen tetapi sebenarnya kultur Jawa itu heterogen. Yogyakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa dengan Kraton Yogyakarta sebagai simbolnya yang identik dengan kebudayaan yang halus, adiluhung, klasik dak kepriyayian.

Pada bulan Mei 1998 terjadi aksi protes di Kota Yogyakarta yaitu di Kampus Universitas Gadjah Mada dan Kraton Yogyakarta sebagai setting sosial. Ritual protes yang dimaksud pada saat itu untuk menuntut pelaksanaan reformasi yang pada saat itu identik dengan penggantian presiden Suharto. Aksi protes ini di lakukan oleh mahasiswa, Rektor UGM dan rakyat Yogyakarta. Read the rest of this entry »