Materi Antropologi Kelas XI Bab 4 : Nilai-Nilai Budaya yang dijadikan Bagian dari Kebudayaan Nasional

 

Salam semangat,

Generasi milenial

Apa kabar kalian semua? Semoga baik-baik saja yaa. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai materi antropologi kelas XI pada bab 3, kali ini penulis akan melanjutkan materi pembelajaran tersebut dengan masuk pada bab 4 yakni tentang Nilai-Nilai Budaya yang dijadikan Bagian dari Kebudayaan Nasional. Berikut merupakan penjabaran materi pembelajarannya.

Konsep Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional merupakan gabungan dari kebudayaan daerah yang ada di suatu negara. Dalam hal ini, Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan nasional merupakan kebudayaan yang didukung oleh warga suatu negara, memiliki syarat mutlak yang bersifat khas, serta memberikan identitas terhadap warga. Dengan demikian, kebudayaan nasional merupakan budaya yang dihasilkan oleh masyarakat suatu bangsa sejak zaman dahulu sebagai suatu karya yang dibanggakan dan memiliki kekhasan tersendiri sehingga menjadi identitas suatu negara. Sifat khas yang dimaksud dalam kebudayaan nasional ini dapat dimanifestasikan pada 7 (tujuh) unsur kebudayaan universal seperti bahasa, sistem mata pencaharian hidup, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem religi, serta kesenian.

Nilai-Nilai Budaya sebagai Kebudayaan Nasional

Bangsa Indonesia memiliki beranekaragam nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai bagian dari kebudayaan nasional. Nilai-nilai budaya tersebut antara lain :

  1. Nilai Gotong Royong

Budaya gotong royong merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dan merupakan warisan budaya bangsa. Nilai dan perilaku gotong royong bagi masyarakat Indonesia telah menjadi pandangan hidup atau ideologi sehingga tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Nilai Kekeluargaan

Istilah kekeluargaan mengacu pada suasana kehidupan sosial yang terjalin antara anggota-anggota masyarakat dimana setiap orang merasa berkerabat dengan yang lain. Dengan kata lain, hubungan kekeluargaan dapat diartikan sebagai hubungan persaudaraan atau kekerabatan. Suasana hubungan sosial seperti ini diasumsikan sebagai ciri khas kehidupan masyarakat desa di Indonesia.

  1. Nilai Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan merupakan nilai yang berkaitan dengan harkat dan martabat manusia. Dalam hal ini, manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki kedudukan tertinggi jika dibandingkan dengan makhluk-makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi maka ia akan menghormati manusia yang lain dengan tinggi pula dan memperlakukan manusia yang lain secara manusiawi. Penerapan nilai kemanusiaan ini dapat kita temui pada sila kedua Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

  1. Nilai Tenggang Rasa

Sejak kecil kita telah dilatih untuk memiliki perilaku tenggang rasa terhadap sesama. Perilaku tenggang rasa sendiri memiliki arti untuk bersikap sederhana, menghormati perasaan orang lain, dan sebagainya. Nilai ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Dengan demikian sudah seharusnya kita wajib menjaga dan melestarikan nilai kultural tersebut.

Selain memberikan materi mengenai nilai-nilai budaya yang dijadikan bagian dari kebudayaan nasional, penulis juga akan menyajikan artikel berita yang terkait dengan materi di atas. Artikel berita tersebut berupa kegiatan gotong royong yang dilakukan warga Sukabumi. Berikut merupakan link berita tersebut.

https://m.detik.com/news/berita-jawa-barat/d-3706723/melihat-kompaknya-warga-bangun-rumah-guru-ngaji-di-sukabumi

Penugasan

Setelah diberikan materi serta artikel berita di atas, guna menguji tingkat pemahaman Anda mengenai materi tersebut, penulis akan menyajikan beberapa pertanyaan dan silahkan untuk dijawab.

  1. Berdasarkan konsep tentang konsep nilai-nilai budaya nasional, jelaskan menurut pendapat Anda apa yang dimaksud dengan nilai budaya nasional?
  2. Dalam nilai budaya nasional terdapat beberapa nilai salah satunya yaitu nilai tenggang rasa. Jelaskan kembali definisi nilai tenggang rasa menurut pemahaman Anda dan berikan contoh real dalam kehidupan sehari-hari
  3. Berdasarkan artikel berita di atas, analisislah kasus berita tersebut dengan menggunakan konsep nilai-nilai budaya nasional yang telah dipaparkan di atas.

Sumber :

Maran, Rafael Raga. 2000. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta

Rohmah, Annisa Nur. 2016. Buku Siswa Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Mediatama

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: