Skip to content


Tugas Pengganti UAS: Ulasan Blog Teman

Setiap individu pada dasarnya diciptakan oleh Allah SWT dengan segala kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh seseorang sebagai penutup dari kekurangan tersebut, akan tetapi kekurangan diberikan juga agar individu selalu terus berusaha dan percaya bahwa makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT tidak ada yang perfectionist atau sempurna. Selain kelebihan dan kekurangan tersebut, manusia juga diciptakan berpasang-pasangan dimana pribadi individu yang mempunyai kekurangan maka akan dilengkapi kekurangan tersebut oleh pasangannya. Subhnallah betapa indahnya engkau diciptakan. Kemudian, “nikmat mana yang engkau dustakan wahai manusia”. Dengan berbagai kekurangan yang dimiliki, orang lain diharapkan untuk memberikan saran atau masukan agar membangun dan mampu memotivasi seseorang yang memiliki kekurangan tersebut.

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan, pada kesempatan kali ini pemilik blog berupaya untuk memberikan ulasan terhadap beberapa blog teman yaitu sebanyak 10 akun blog milik teman yang belum ada dalam list teman di pemilik blog, yang yang perlu diidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Pemilik blog juga berupaya untuk memberikan solusi atau saran yang membangun agar blog tersebut di ubah menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan mengulas blog teman ini didasarkan atas Tugas pengganti Ujian Akhir Semester V Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang yang diampu oleh bapak Kuncoro Bayu Prasetyo, S. Ant ., M. A. Dibuat oleh Lenni Novia Lestari (3401413038) adalah, sebagai berikut:

Blog No. 1

sheren

  1. Nama Pemilik Blog : Sheren Gunawan
  2. Alamat Blog/ http : https://blog.unnes.ac.id/hellosheren/
  3. Kelebihan : Sheren’s World merupakan salah satu blog yang mampu menginspirasi saya untuk selalu menciptakan ide-ide yang kreatif dan mampu menambah wawasan ilmu saya. Simpel dan bermakna itulah kelebihan yang ada dalam blog Sheren. Kategori sudah lengkap, Profile sudah ada, materi postingan sudah cukup luas, tampilan blog cukup menarik.
  4. Kekurangan : Kembali pada hakikat manusia bahwa setiap individu tidak ada yang sempurna. Hal ini sesuai dengan hasil karya blog dari Sheren yang memiliki kekurangan, diantaranya adalah penulisan yang ada di materi masih belum rapi (rata kanan kiri), kepustakaan harus lagi digali agar menguatkan materi sehingga pembaca percaya dan merasa materi yang sudah anda posting itu valid, kategori yang tertera Uncategories sebaiknya dihapus saja agar lebih efektif.
  5. Saran : Agar Sheren’s World tetap terjaga eksistensinya harus diperbaiki lagi, dengan cara merapikan penulisan materi yang diposting serta menambah daftar pustaka agar materi yang posting lebih valid.

Blog No. 2

mahya

  1. Nama Pemilik Blog :  Wahyu Nur Mahya
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/warungilmu/
  3. Kelebihan : Warung Ilmu merupakan salah satu karya media massa yang dihasilkan oleh Wahyu Nur Mahya yang mempunyai kelebihan diantaranya, mampu menginspirasi pembaca termasuk saya terkait dengan isi materi yang diposting, kategori aman, tampilan simpel dan cukup menarik.
  4. Kekurangan : Dengan kelebihan yang sudah ada dalam Warung Ilmu, Blog ini masih memiliki beberapa kekurangan yang sebaiknya diperbaiki kembali, diantaranya adalah jenis font yang digunakan sangat njlimet agak susah dibaca karena juga ukurannya kecil bisa-bisa sakit mata nanti jika terus-terusan membaca, Widget Tags yang ada di samping itu berfungsi untuk apa kurang jelas, kerapian dalam menulis postingan kurang, kepustakaan untuk referensi pembaca kurang, Profil diri belum tercantum nama lengkap dari sang pemilik blog sehingga cukup menyusahkan pembaca untuk mengetahui identitas admin blog, namun lainnya sudah oke.
  5. Saran : Dari saran yang saya sampaikan semoga bisa menjadikan Warung Ilmu menjadi salah satu blog yang banyak pengunjungnya, diantara saran tersebut adalah merapikan kembali pola penulisan, menambahkan daftar pustaka, memperbaiki tampilan blog.

Blog No. 3

riki

  1. Nama Pemilik Blog : Riki Turnadho
  2. Alamat Blog/ http : https://blog.unnes.ac.id/masriki/
  3. Kelebihan : “True Blog” merupakan salah satu hasil karya dari Riki Turnadho sebagai mahasiswa yang sangat membantu khalayak umum untuk memahami berbagai macam materi khususnya adalah Sosiologi dan Antropologi. Tampilan blognya macho, simpel, profil lengkap, cukup menarik dan menginspirasi.
  4. Kekurangan : Mohon maaf jika saya memberikan ulasan terkait dengan kekurangan blog Riki Turnadho agak ribet diantaranya adalah, penulisan blog yang kurang rapi, kategori yang kurang dimaksimalkan manfaatnya, widget masih agak rawut kurang rapi, sekiranya itu kekurangan dari “True Blog”.
  5. Saran : Perbaikilah selama ada orang yang mengkritik dan pasti anda bisa. Agar “True Blog” menjadi salah satu blog yang menginspirasi banyak orang, saran diantaranya adalah secara umum memperbaiki tampilan blog yang sudah ada dalam kekurangan blog anda.

Blog No. 4

najib

  1. Nama Pemilik Blog : Muhammad Najib
  2. Alamat Blog/ http : https://blog.unnes.ac.id/najib23/
  3. Kelebihan : “Sociology Antropology” merupakan salah satu blog unnes yang menurut saya sangat menarik dan menginspiratif pengunjung, tampilan blog yang tidak neko-neko, simpel, materi yang diposting menambah wawasan.
  4. Kekurangan : Masih banyak yang perlu diperbaiki dari blog “Sociology Antropology” agar tetap menjadi blog yang ramai pengunjung dan selalu memberikan inspirasi yang baik. Diantaranya adalah, penulisan materi postingan yang kurang rapi tidak rata kanan kiri, kategori yang belum dimanfaatkan secara maksimal, profil admin yang terlalu sederhana sehingga sangat sedikiti informasi yang dimiliki oleh pengunjung tentang identitas pemilik blog, masih rancu atau kurang konsisten dalam menulis judul postingan, kepustakaan yang minim.
  5. Saran : Menerima dengan hati yang ikhlas atas segala kekurangan yang ada dalam blog anda, perbaikilah secara umum terkait dengan tampilan blog anda. Percayalah bahwa usaha kerja keras tak akan mengkhianati.

Blog No. 5

daula

  1. Nama Pemilik Blog : Daula Mega Safitri
  2. Alamat Blog/ http : https://blog.unnes.ac.id/damesa/
  3. Kelebihan : Blog yang dibuat oleh Daula Mega Safitri “Ruang Ilmu” mampu membantu pengunjung untuk memahami segala materi yang sudah anda posting, menambah wawasan, tampilan blog yang simpel dan menarik
  4. Kekurangan : Terdapat beberapa kekurangan dari “Ruang Ilmu” ini sebagai blog yang nantinya mampu mengisnpirasi pembaca diantaranya adalah, Penulisan materi yang kurang rapi tidak rata kanan kiri, penggunaan kategori yang belum maksimal, sumber kepustakaan yang minim, penulisan judul postingan yang belum konsisten.
  5. Saran : Untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog “Ruang Ilmu” ini diharapkan admin blog mampu memperbaiki segala kekurangan dari blog ini.  Secara umum perbaikilah blog sesuai dengan kekurangan yang ada, Semangat.

Blog  No. 6

andri

  1. Nama Pemilik Blog : Andri Erwanto
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/andrierwanto/
  3. Kelebihan : “Andri blog” merupakan salah satu blog unnes yang menurut saya cukup menarik, penulisan materi sudah cukup baik, tampilan blog bagus, kepustakaan dari sebagaian materi yang diupload sudah cukup banyak referen.
  4. Kekurangan : Dari beberapa kelebihan dari “Andri blog” masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya, adalah penulisan judul postingan yang belum konsisten besar kecilnya huruf masih rancu, penulisan masih ada yang belum rata kanan kiri, kepustakaan beberapa materi masih minim dan bahkan tidak ada daftar pustakanya
  5. Saran : Perbaikilah blog anda berdasarkan kekurangan yang ada, agar blog anda tetap eksis di kalangan media-media sosial yang lain, Semangat.

Blog No. 7

alfiyah

  1. Nama Pemilik Blog : Alfiyah
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/alfiyah/
  3. Kelebihan : “Catatan Tintaku” sebagai hasil karya Alfiyah dalam pemanfaatan kecanggihan teknologi dalam bentuk blog mempunyai beberapa kelebihan diantaranya, adalah tampilan blog yang menarik, simpel, mater—materi yang dipsoting mampu menambah wawasan pembaca, ada penghitung pengunjung, dan terdapat berbagai tampilan widget.
  4. Kekurangan : Terdapat beberapa kekurangan dari kelebihan yang ada pada blog “Catatan Tintaku”, diantaranya adalah penulisan judul postingan masih rancu (komposisi font masih kurang efisien), penulisan materi belum rata kanan kiri, kepustakaan dari materi yang diposting masih minim, jarak dari awal postingan materi hingga pada read more sangat jauh belum efektif penggunaanya, pemanfaatan kategori yang belum maksimal, deskripsi blog yang masih minim, beberapa teman yang tertera pada blog anda tidak bisa dibuka.
  5. Saran : Agar blog “Catatan Tintaku” lebih bagus, menarik, dan banyak pengunjungnya perbaikilah dari kekurangan yang ada.

Blog No. 8

firoh

  1. Nama Pemilik Blog : Firoh Pebriyani
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/firohfebriyani/
  3. Kelebihan : “Brankas Ilmu” memiliki beberapa kelebihan sebagai blog yang mampu menginspratif pembaca (saya) diantaranya, adalah tampilan blog cukup interaktif, simpel, menarik, kategori aman, profile admin blog jelas, terdapat berbagai widget yang membantu dalam mengelompokkan data, penggunaan read more yang sudah efektif.
  4. Kekurangan : “Brankas Ilmu” sebagai blog yang memiliki beberapa kekurangan diantaranya, adalah komposisi font pada judul materi yang masih belum efektif, pembuatan widget yang masih belum efektif, penulisan materi yang masih belum rapi tidak rata kanan kiri,  penulisan daftar pustaka yang masih minim.
  5. Saran : Sebagai pemberi kritik yang baik saya memberikan saran kepada admin blog “Brankas Ilmu” yaitu Firoh Pebriyani untuk segera memperbaiki lagi blog sesuai dengan kekurangannya. Agar blog ini mampu menambah insprasi orang banyak dan bermanfaat, Semangat.

Blog No. 9

mas pang

  1. Nama Pemilik Blog : Fadlan Sesar RRRR
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/papangpang/
  3. Kelebihan : “Pang” adalah blog dengan admin Fadlan Sesar RRRR yang menurut saya memiliki kelebihan diantaranya adalah materi yang di posting jelas lengkap dengan dukungan kepustakaan yang cukup banyak, tampilan blog cukup menarik, simpel, penggunaan read more sudah efektif, penggunaan widget yang bagus, komposisi font pada judul sudah efektif, dan profile admin blog sudah jelas.
  4. Kekurangan : Pembuatan kategori nampaknya belum terfungsikan secara maksimal, pembuatan materi yang diposting masih sangat minim, penulisan materi belum rapi tidak rata kanan kiri, dan definisi blog belum ada.
  5. Saran : Mengenai saran terhadap blog “Pang” ini adalah segera untuk melengkapi segala kekurangan yang ada. Sehingga blog ini mampu bermanfaat bagi orang lain, Semangat.

Blog No. 10

mbak tyas

  1. Nama Pemilik Blog : Tyas Dika Oktaviana
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/bloktyas/
  3. Kelebihan : Blog dengan judul “Berbagi artikel” ini menjadikan saya terinspirasi banyak manfaat yang saya dapat ketika membaca beberapa artikel yang anda posting, tampilan blog sudah cukup menarik, penggunaan kategori sudah efektif, penggunaan read more sudah efektif., dan profil dari admin blog sudah jelas dan juga terdapat definisi dari blog.
  4. Kekurangan : Dari blog “Berbagi artikel” ini masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah komposisi font yang digunakan masih belum efektif, masih minimnya kepustakaan yang ada pada materi posting, pada widget blog teman masih harus diperbaiki lagi agar tidak terbagi menjadi dua.
  5. Saran : Demi eksistensi dari blog “Berbagi artikel” diharapkan segera untuk memperbaiki lagi dari segala kekurangannya. Sehingga nanti mampu memberikan manfaat bagi banyak orang, Semangat.

Sekian dari penjelasan saya terkait dengan ulasan blog teman, Semoga bermanfaat bagi para pembaca..

Posted in Praktek Laboratorium.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.