Viewers

website hit counter

SOSIOLOGI KESEHATAN: ANALISIS FILM SICKO

Setelah melihat film ini banyak hal yang dapat di analisis. Film ini bercerita mengenai bagaimana fenomena akan kesehatan berlaku di baerbagai negara, dalam film ini negara yang di bandingkan mengenai kesehatanya baik perilaku maupun layanan nya yaitu amerika serikat,canada,cuba,inggris dan perancis. Di negara tersebut mempunyai kebijakan masing-masng mengenai pelayanan kesehatan nya. Analisinya sebagai berikut :

Di negara Amerika pelayanan kesehatan dilakukan dengan cara melalui asuransi yaitu setiap warga negara harus mempunyai asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatan nya akan tetapi dalam film sicko kesehatan disini bukan berarti sehat akan tetapi justru menjurus kepada kepentingan kapitalis dimana banyak warga yang mengeluh akan kebijakan ini karena biaya yang mahal dan konspirasi akan kesehatan dimana banyak yang mendustakan akan penyakit yang didderita pasien, pasien yang seharusnya harus ditangani secara medis justru dimanipulasi dan biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak. Hal ini membuat warga amerika banyak yang tidak tertolong dan pada akhirnya banyak yang bermigrasi ke negara lain demi menari pengobatan yang layak. akses kesehatan sangat sulit untuk dicapai oleh masyarakat kelas bahwa seakan rakyat miskin itu dilarang sakit dan dibatasi hak dan kewajibannya untuk mendaptkan jaminan kesehatan yang layak. Hampir 50 juta orang tidak bisa merasakan akses kesehatan dan tidak terlindungi oleh asuransi kesehatan Amerika Serikat. sistem kesehatan Amerika yang berorientasi pada keuntungan (Profit) berbeda dengan negara lainnya di Eropa seperti Prancis dan lain-lain.
Negara seperti canada,cba,perancis dan inggris justru mengalami perbedaan yang cukup jauh dengan amerika berkaitan dengan sistem kesehatanya dimana setiap pasien merasa nyaman dengan sistem medis di negara ini dimana semua biaya yang ada ditanggung oleh pemerintah yaitu dengan pajak yang telah dibayarkan oleh masyarakat. Para dokter yang bekerja di Kanada, Inggris, dan Perancis mendapatkan gaji dari pemerintah dimana semakin baik para dokter memberikan pelayanan kesehatan kepada pasiennya maka semakin besar pula gaji yang akan diterima oleh dokter tersebut.
Di Prancis dokter bisa juga dipanggil untuk datang ke rumah. Para ibu muda yang baru melahirkan juga mendapat layanan kesehatan untuk mengurus pekerjaan rumah tangga biaya ditanggung oleh pemerintah. Inggris menyediakan uang transport bagi pasiennya, Disini harga semua obat sama baik obat flu maupun obat untuk kanker dan disini fungsi ruang kasir bukan untuk masuknya uang akan tetapi untuk membayar tunjngan para pegawai rumah sakit sedangkan di Amerika terdapat hal yang buruk dimana pasien yang tidak bisa membayar tagihan perawatan mereka akan dibuang di pinggir jalan.
Pada negara yang telah disebutkan ada beberapa faktor yang tidak dimiliki oleh negara Amerika Serikat sendiri dalam hal pelayanan kesehatan yaitu adalah, faktor hubungan antara pasien dan dokter. Pasien adalah orang yang sejatinya menaruh kepercayaan besar terhadap dokternya jadi keinginan pasien yang muncul ketika dalam proses perawatan adan sebuah ras aman dan nyaman yang diberikan oleh seorang dokter.
Pada dasarnya universal health atau kesehatan untuk semua belumbisa ditetapkan di negara amerika yang berpandangan kepada kapitalisme, tiddak semua orang bisa mendaatkan layanan kesehatan yang baik karena berbelitnya sistem dan tiddak semua penyakit yang diderita bisa ditangani oleh asuransi yang telah diikuti biaya yang sangat besar tidak menjamin akan pelayanan kesehatan yang baik. Dalam film tersebut diceriakan bagaimana pengakuan dokter yang menyelamatkan uang perusahaan dan menelantarkan pasien yang telah penyakit parah, hal ini jika dikitkan dengan kondisi pasien maka kesehatan berdasarkan kekuatan ekonomi dimana orang yang tidak memiliki kemampuan ekonomi yang baik maka bisa dipastikan kemampuan menagkses kesehatanya juga akan lemah hal ini sejalan dengan sistem kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah amerika serikat.
Banyak warga amerika yang berpindah tempat ke eropa, cuba dan kanada hanya untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Universal health yang dicanangkan tidak akan berhasil mengingat dalam film tersebut diceritakan bagaimana seorang poitikus yang akan mencanangkan univesal health tidak bisa berbuat banyak karena banyaknya tekanan yang akan mengagalkan upayanya untuk mencanangkan universal health di amerika serikat.
Pelayan kesehatan yang ada di Amerika bebeda jauh dengan konsep aturan yang semetinya dimana pelayan kesehatan yang diberikan sebagai bentuk komersil yang digunakan tanpa memperhatikan baik buruk dan tidak mempertimbangkan keselamatan seorang pasien. Prinsip kesehatan seharusnya berkesinambungan meliputi upaya peningkatan, pencegahan, pengobatan hingga pemulihan. Selain itu bermutu, aman, adil, dan merata dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: