Viewers

website hit counter

KAJIAN ETNOGRAFI: PENGERTIAN ETNOGRAFI

1. Jelaskan apa pengertian etnografi dan jelaskan apa yang dimaksud dengan etnografi klasik, etnografi modern, dan etnografi baru
Jawaban: Etnografi adalah hasil dari sebuah ilmu yang bernama Antropologi, diibaratkan ilmu itu adalah sebuah pohon dan Etnografi adalah buahnya. Etnografi sendiri berbicara mengenai kebudayaan, jadi hasilnya itu tentang sebuah catatan kebudayaan suku bangsa. Karena etnografi pertama muncul di lingkungan Eropa jadi yang dikaji yaitu suku bangsa diluar Eropa yang dianggap asing dan berbeda.

a. Etnografi Klasik
Etnografi klasik adalah jenis etnografi pertama kali yang dicoba diperkenalkan pada masyarakat sosial, etnografi ini bersumber dari sebuah catatan yang sudah ada. Dari catatan yang sudah ada dibangun kembali menjadi sebuah etnografi, para penelitipun lebih sering mengerjakan sebuah etnografi dibalik meja jarang yang namanya peneliti langsung turun ke lapangan untuk melakukan penelitian. Etnografi klasik juga masih berfaham Eropasentris, masih berbicara tentang suku bangsa diluar Eropa.
b. Etnografi Modern
Etnografi yang merupakan perkembangan dari etnografi klasik dimana deskripsi yang dikemukakan melihat fenomena saat ini. Etnografi ini tidak lagi sering mengandalkan pustaka yang sudah ada sebagai referensi melainkan lebih menitiberatkan pada penelitian secara langsung dan membangun sebuah kontrusksi masyarakat berdasarkan fakta.
c. Etnografi Baru
Etnografi yang sudah sangat memiliki banyak perbedaan dimana etnografi ini lebih condong bagaimana peneliti mampu menganalisa pemikiran masyarakat tentang kebudayaan mereka dan menjelaskan kembali melalui jalan pemikiran si peneliti. Seiring perkembangannya etnografi ini mampu menjelaskan kebudayaan terlepas dari kebudayaan masyarakat luar, melainkan mampu menjelaskan kebudayaan sendiri.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Partial Truths” dalam etnografi ? Mengapa etnografi bersifat demikian ?
Jawaban: Partial Truths dalam etnografi yaitu bagaimana pandangan dari para etnografer yang berbeda mengenai kebudayaan, dimana setiap kebudayaan yang sebenarnya memiliki dasar yang sama dan etnografi yang berasal dari tema yang sama akan tetap kelihatan berbeda tergantung bagaimana si etnografer menginterpretasikan kebudayaan tersebut. Hal seperti ini tidak dapat dihindari karena perbedaan pandangan merupakan sebuah warna yang nampak terlihat di dunia sekeliling kita. Ini terjadi karena perbedaan interpretasi dari etnografer dalam memandang sebuah kebudayaan.

3. Jelaskan apa yang menjadi pokok kajian dalam etnografi visual dan bagaimanakah cara melakukan analisis terhadap data visual khususnya data yang berupa fotografi !
Jawaban: Etnografi visual tidak jauh berbeda dengan etnografi secara umum dimana etnografi visual dan video lebih menitiberatkan pada tampilan gambar dan animasi yang mampu menyampaikan pesan dari sebuah kebudayaan. Kajian pokok dari sebuah etnografi visual adalah mengarah pada kajian terhadap budaya dan sistem visual sebagai fokus kajian suatu komunitas. Cara melakukan analisis terhadap data visual yang berupa fotografi yaitu bagaimana kita merepresentasikan isi dari foto tersebut karena foto tidak akan mampu berbicara jika bukan kita yang menyampaikan isi dari foto tersebut hingga akhirnya foto tersebut mampu berbicara.

Sumber Pustaka:
Materi kajian etnografi pendidikan sosiologi dan antropologi universitas negeri semarang semester 2.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: