1. Nama mata usaha : guri-guri cookies and cake
2. Deskripsi produk :
Cookies, cupcake, Taart and brownies adalah makanan ringan yang lezat, terbuat dari bahan tepung terigu protein tinggi dengan proses pembuatan yang higienis dan takaran yang tepat. Cookies, cupcake, Taart and brownies adalah makanan ringan yang lezat, terbuat dari bahan tepung terigu protein tinggi dengan proses pembuatan yang higienis dan takaran yang tepat.
3. Visi dan misi
a. Visi
Memanfaatkan bahan dan peluang yang ada untuk membuat produk olahan cake yang bervariasi dan dapat diterima masyarakat sebagai salah satu produsen Cake terbesar di semarang dan alternatif makanan yang berprotein tinggi.
b.Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi-misi yang harus dilaksanakan, yaitu:
1) Memperkenalakan produk Guri guri yang berupa Cupcake,cake,atau taart, brownies dan cookies kepada konsumen yaitu mempromosikan keunggulan produk berbeda dengan produk lain
2) Meningkatkan kualitas produk Guri guri dari bahan yang digunakan ,rasa ,kebersihan produk dan nilai gizi yang terkandung.
3) Melakukan analisis pasar dengan menentukan sasaran pemasaran produk Guri guri dan memasarkan produk guri guri ke penjuru universitas
4. Prospek kedepan :
Dilihat dari segi geografis kawasan universitas negeri semarang masih jauh akses dari perkotaan, letaknya yang berada di kawasan perbukitan membuat aneka macam makanan seperti roti sulit ditemukan dilihat dari kondisinya kawasan unnes jarang ditemui toko roti. Dari analisa tersebut apat ditarik kesimpulan adanya peluang dalam bidang tersebut dimana persaingan belum ada, yang pada akhirnya akan menjadi prospek yang berkelanjutan kedepanya.
5. Tekhnik pendukung dan Langkah – langkah yang dilakukan :
Langkah pertama yang dilakukan adalah membantuk relasi anar teman yang mempunyai ide yang sama kemudian membangun usaha tersebut dengan langkah yang tepat dan cepat karena kesempatan tidak datang dua kali, kemudian membuat promosi dengan cara memberitahu teman-teman lewat mulut ke mulut dan lewat media sosial. Selanjutnya memproduksi roti-roti yang minat nya disukai oleh teman – teman. Cara penjualanya dilakukan dengan cara menjualnya di kos-kosan teman dan menerima pemesanan.
Tekhnik yang dilakukan dalam rencana usaha ini adalah modal yang dilakukan secara bersama- sama di bagi rata dari untung yang didapat dari penjualan yang telah dilakukan sama halnya dengan produksi juga dilakukan secara bersama – sama.
6. Penghambat dalam rencana usaha
Dalam melakukan usaha ini kendala yang dihadapi adalah tenaga yang dikeluarkan terlalu banyak, situasi dan kondisi yang mengharuskan menjalankan dua aktivitas sekaligus yaitu kuliah dan produksi memunginkan adanya resiko tersendiri dalam menjalankan usaha ini. daya tahan produk roti yang di hasilkan dapat bertahan selama 3 hari yang membuat penjualan harus dijual secara cepat karena barang mudah basi.
7. Agenda untuk mewujudkan usaha
No. Rencana
Kerja Bulan ke-
Jun Jul Agst Sep Okt Nov Des Jan Feb Mrt Apr Mei
1 Mencari Tempat Produksi V
2 Membeli Peralatan v
3. Membeli Perlengkapan v
4 Mencari Relasi untuk kemasan produk v
5 Melakukan Peengenalan produk v
6 Membuat akun social Media untuk memperkenalkan produk (online) v
7 Mencari tenaga kerja v
8 Membuat blog V
9 Membuat media promosi offline V
10 Mencari Outlet yang dekat dengan jalan raya v
11 Produksi v V v
Komentar Terbaru