«

»

Sep 19

THE USE OF SCHOOLBOOK AS AN EDUCATION ONLINE PORTAL UTILIZED FOR TEACHING


Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang mengadakan Stadium General dengan tema “The Use of Schoolbook as An Education Online Portal Utulized for Teaching, Learning and Research” pada tanggal 12 September 2017. Stadium General tersebut mendatangkan Luiz Carmello L Buenaventura yang lebih akrab disapa Doc B, narasumber dari De La Salle University Filipina. Doc B menjabat sebagai Associate Professor of Sosiology an Antropology, Social Science Department,College of Liberal Arts and Communication, De La Salle University.

Perkembangan teknologi era sekarang sangatlah canggih. Sebagai seorang pendidik, Doc B merasa perlu mengikuti perkembangan teknologi tersebut dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam proses pembelajaran tersebut adalah dengan membuat Schoolbook. Schoolbook merupakan pembelajaran berbasis “Virtual Learning Environmen” atau pembelajaran berbasis lingkungan. Dengan schoolbook, sudah pasti sangat menghemat penggunaan kertas dengan kata lain “paperless”.
Schoolbook berfungsi sebagai sistem manajemen pembelajaran, dimana dosen membuat suatu kelas elektronik (e-class) untuk berbagi materi pembelajaran dan desain pembelajaran online. Schoolbook dapat juga digunakan sebagai alat komunikasi dan sumber daya melalui: pengumuman/fitur berita, pesan, obrolan, atau penyerahan penghargaan. Setiap fakultas juga harus menyediakan suatu web presence untuk semua mata kuliah. Dapat juga menggunakan sistem e-class yang dilakukan dalam model 50% untuk kegiatan online dan 50% lain untuk kegiatan bertatap muka natara dosen dengan mahasiswa di ruang kelas. Aplikasi tersebut dapat juga didownload dengan android. Terdapat keuntungan dari schoolbook dari sudut pandang mahasiswa, dosen, dan orang tua.
Schoolbook memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dari sudut pandang orang tua schoolbook dapat membantu memantau anak mereka dalam perkuliahan yang didasarkan pada evaluasi penilaian online sehingga anak tidak bisa membohongi orang tuanya.
Harapan saya, dengan adanya stadium general kemarin Universitas Negeri semarang lebih memaksimalkan lagi penggunaa schoolbook. Apalagi Universitas Negeri Semarang memiliki slogan Universitas Konservasi, tentu seharus mendukung program “paperless” dengan cara memaksimalkan penggunaan schoolbook.

2 comments

  1. Ardhi Noorkhan Syuhada

    Isinya bagus mbak, tapi tata letaknya kurang rapi. Coba diperbaiki dengan diberi justify, pasti lebih bagus😄

    1. annisaluthfiani

      terimakasih kritik dan sarannya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Lewat ke baris perkakas