Viewers

website hit counter

MATERI ANTROPOLOGI KELAS X BAB 1: PENGERTIAN ILMU ANTROPOLOGI

Pengertian Antropologi
Antropologi merupakan ilmu baru yang lahir. Istilah antropologi berasal dari bahasa yunani, berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berati manusia, sedangkan logos berati ilmu, jadi antropologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari manusia. Dalam antropologi, manusia dipandang sebagai sesuatu yang kompleks dari segi fisik, emosi, sosial, dan kebudayaan. Antropologi sering disebut sebagai ilmu tentang manusia dan kebudayaannya.

Pengertian antropologi menurut para ahli:
1. Harsojo, antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari umat manusia sebagai makhluk masyarakat.
2. Koentjaraningrat, antropologi adalah sebuah ilmu tentang manusia pada umumnya dengan titik fokus kajian pada bentuk fisik, masyarakat dan kebudayaan manusia.
3. Masinambow, antropologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji masyarakat atau kelompok manusia.
4. Kottak, antropologi adalah studi terhadap semua masyarakat, dari masyarakat primitif hingga masyarakat modern, dari masyarakat sederhana hingga masyarakat kompleks.
Konsep-konsep Dasar Ilmu Antropologi
Konsep-konsep dasar ilmu antropologi antara lain:
1. Kebudayaan
Kata kebudayaan berasal dari bahasa latin, yakni cultura, yang berati berkembang atau tumbuh. Namun secara umum pengertian kebudayaan mengacu kepada suatu pengetahuan yang secara sosial diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
2. Evolusi
Konsep evolusi mengacu pada sebuah transformasi yang berlangsung lama atau bertahap. Dalam antropologi, evolusi merupakan gagasan bahwa bentuk-bentuk kehidupan berkembang dari suatu bentuk ke bentuk lainnya melalui transformasi. Konsep evolusi sering dikaitan dengan gagasan Darwin mengenai asal usul manusia.
3. Culture Area (Daerah Budaya)
Culture budaya adalah suatu daerah geografis yang memiliki ciri budaya dan kompleksitas lain yang dimilikinya. Berkaitan dengan pertumbuhan kebudayaan yang menyebabkan timbulnya unsur-unsur baru yang mendesak unsur lama ke arah pinggir.
4. Akulturasi
Akulturasi adalah proses pertukaran ataupun saling mempengaruhi dari kebudayaan asing yang berbeda sehingga unsur kebudayaan asing lambat laun diintegrasikan kedalam kebudayannya sendiri, tanpa menghilangkan kebudayaannya sendiri.
5. Entosentrisme
Entosentrisme adalah kecenderungan setiap kelompok pada kebudayaannya yang dianggapnya lebih baik dari kebudayaan lain, dan menilai bahwa kebudayaan lain negatif.
6. Ras dan Etnik
Ras adalah sekelompok orang yang memiliki sejumlah ciri fisik tertentu yang disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan etnik adalah bagian dari kelompok sosial dari ras yang memiliki ciri budaya yang bersifat unik.
Sub Disiplin Ilmu Anntropologi
1. Antropologi Fisik
Antropologi fisik mempelajari manusia sebagai organisme biologis yang melacak perkembangan manusia menurut evolusinya dan variasi biologisnya. Melalui analisi mendalam terhadap fosil-fosil dan pengamatan primata yang pernah hidup. Para ahli antropologi fisik berusaha melacak nenek moyang mausia untuk mengetahui siapa manusia pertama.
2. Antropologi Budaya
Antropologi budaya memfokuskan kajiannya pada kebudayaan manusia dalam masyarakat. Cabang antropologi budaya dibagi menjadi tiga bagian, yakni arkeologi, antropologi lingustik, dan etnologi. Antropologi budaya merupakan studi tentang praktik sosial, bentuk ekspresif, dan penguanaan bahasa.
3. Antropologi Ekonomi
Bidang ini merupakan cara manusia dalam mempertahankan dan mengekspresikan diri melalui penggunaan barang dan jasa. Antropologi ekonomi berusaha merangkum aspek etnografis dan teoritis. Maka dari itu antropologi ekonomi memberikan pengaruh besar terhadap manusia dalam bidang ekonomi.
4. Antropologi Medis
Antropologi medis membahas hubungan antara penyakit dan kebudayaan yang mempengaruhi evolusi manusia. Kajian antropologi medis sangat luas sehingga tidak mudah mendefinisikan subjek kajiannya. Perkembangan ilmu antropologi medis sangat berpengaruh pada jasa Foster dan Anderson.
Tujuan dan Manfaat Ilmu Antropologi
Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia, dan bersifat akademis. Sebagai ilmu tentang manusia, antropologi melalui pendekatan dan metode ilmiah yang berusaha menyusun generalisasi yang bermakna tentang manusia dna perilakunya. Diantara ilmu-ilmu sosila lain, antropologi memiliki kedudukan, tujuan, dan manfaat yang unik, karena bertujuan dna bermanfaat dalam menjelaskan tentang manusia dan kebudayannya.
Bahan bacaan pendukung yang faktual tentang
Kebudayaan pada suatu masyarakat

Materi Pembelajaran 1 Antropologi Kelas X


Penugasan
1. Jelaskan pengertian dan konsep dasar ilmu antropologi?
2. Bagaimana kedudukan disiplin ilmu antropologi diantara disiplin ilmu lainnya?
3. Bagaimana pentingnya ilmu antropologi dalam masyarakat?
Sumber referensi:
Ruswanto, Wawan. Ruang Lingkup Ilmu Antropologi. Jurnal Antropologi.http://repository.ut.ac.id/4295/1/ISIP4210-M1.pdf
http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/PIS/Konsep_dasar_Antropologi.pdf

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: