• Thursday, April 19th, 2018

Ziarah Pemikiran

Oleh Agung Kuswantoro

 

Dr. Ir. Solimun, MS dosen Universitas Brawijaya. Ia penulis buku Metode Statistik Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan Warp PLS, sangat menarik. Saya sebagai pembaca pun terasa betapa pandai dan pengalaman, ia dalam hal statistika. Sehingga, ia menuliskan buku. Buku ini, bukanlah yang pertama. Ini buku yang ketiga. Ia sangat bersemangat menuliskan buku ini.

 

Ada kalimat yang menggugah untuk saya di buku itu dan ia sendiri mengucapkan saat saya bertemu dengannya. Berikut kalimatnya: “Ziarah pemikiran orang dapat kita lakukan, bilamana kita bisa bertatap muka dan berdiskusi. Namun, jika ada kendala lokasi yang berjauhan dan waktu yang berbeda, maka ziarah ke pemikiran seseorang bisa dilakukan melalui tulisan orang bersangkutan.” Itulah kalimat yang saya ingat, dan membekas sekali untuk saya. Jadi, menulislah agar kita diziarahi oleh orang lain. Ziarah pemikiran.

 

Ziarah tidak hanya ke pemakaman/kuburan. Tetapi, ziarah ke pemikiran seseorang dibutuhkan agar kita memahami apa yang ada dibenak pemikiran penulis. Cara agar diziarahi pemikiran kita, yaitu dengan menulis. Menulislah agar kita diziarahi pemikiran kita. Ini juga sebagai awal jariyah kita hidup di dunia.

 

Semarang, 18 April 2018

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco