• Wednesday, April 25th, 2018

Spesifikasi Metadata Field Types (2): Habis

Oleh Agung Kuswantoro

 

Setelah mengetahui cara mengisi Filed Types atas setiap pertanyaan yang telah diajukan kepada seseorang/lembaga. Kemudian, kita akan membuat metatada. Metatada adalah gambaran sederhana dari form yang akan kita tampilkan. Metadata muncul dalam bentuk table-tabel.

 

Azad Adam (2007:58) menggambarkan tabel metatada yang kompleks berisikan kolom field name, field type, field length, formatting, dan mandatory. Field name berisikan nama lengkap, nama panggilan, tempat tanggal lahir, tempat bekerja, dan fied name lainnya. Field type berisikan alphanumeric, date, time, dan field type lainnya. Field length berisikan batasan alphanumeric pada nama lengkap yaitu 50 karakter, batasan nama panggilan pada nama panggilan yaitu 10 karakter, batasan nomor handphone yaitu tergantung pada kode Negara, tanggal lahir dengan batasan yaitu 8 karakter, dan field length lainnya.

 

Formatting berisikan cara penulisan format dari field nama. Misal, nomor HP, dimulai dengan 081 untuk Negara Indonesia, Format jam dengan 24 jam, bukan 12 jam. Jika jam 6 sore akan tertulis 18.00, bukan 06.00 PM, dan contoh formatting lainnya. Mandatory berisikan Yes atau No. kebanyakan diisikan Yes.

 

Keterangan diatas itulah yang saya sebut adalah metadata. Dari metadata ini akan muncul form yang telah dibentuk. Form ini seperti form yang manual, hanya bentuknya dalam bentuk computer yang lengkap dengan laporannya/repot.

 

Demikianlah tulisan sederhana ini, semoga bisa terus belajar. Dan, semoga bermanfaat.

 

Semarang, 25 April 2018

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco