• Monday, May 25th, 2020

Refleksi Mid Semester Mata Kuliah Statistika yang Diampu Oleh Prof. Sukestiyarno
Oleh Agung Kuswantoro

Membaca, menelaah, dan menjawab atas soal mid Statistika Pendidikan, ada beberapa yang saya bingung yaitu pada materi uji beda dan analisis jalur.

Untuk materi yang lain, Insya Allah masih bisa mengikuti dan menjawabnya. Walaupun, belum tahu, bahwa jawaban saya itu benar atau salah.

Soal dalam mid semester terdiri dari materi menghitung mean, modus, rentang, varians, dan nilai dalam perhitungan frekuensi yang lain.

Kemudian, materi uji beda/regresi ganda, dan uji jalur. Soal yang dibangun oleh Prof. Sukes itu, unik dan “kokoh” susunan soalnya. Mulai dari alat uji, penentuan hipotesis, makna hasil uji, dan simpulan. Jadi, utuh sebuah soal dalam mengurai jawabannya.

Tidak bisa, hanya menjawab hanya pada hasil penelitian/simpulan penelitian saja. Untuk dapat menuliskan sebuah simpulan, dibutuhkan kerangka di atas. Seperti, uji hipotesis, kriteria menerima/menolak Ho, dan pemaknaan atas hasil penelitian. Baru, ketemu simpulan penelitian.

Jika seorang mahasiswa itu asal menjawab, maka pasti ia tidak paham akan soal ujian mid semester tersebut. Apalagi, waktu mengerjakan mid hanya 90 menit. Bayangkan coba? Wah, pasti harus serius dan cepat menjawab atas soal yang berjumlah tujuh belas nomor tersebut.

Semarang, 22 Mei 2020
Ditulis di Rumah, jam 00.43 – 01.15 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply