• Wednesday, November 11th, 2020

Analisis Jabatan
Oleh Agung Kuswantoro

Baru pertama kali saya dapat tugas untuk menganalisis jabatan di lembaga saya bekerja. Dari semua pekerjaan didata dan dianalisis. Setelah itu, dievaluasi. Dalam jabatan itu berjenjang. Macam-macam, jenjangnya. Setiap jenjang memiliki pekerjaan tersendiri. Itu pun menghitungnya per lembaga. Jadi, secara keseluruhan. Tidak masing-masing unit kerja. Mengapa tidak per unit kerja? Karena yang dihitung dan dianalisis itu organisasi. Jadi totalitas.

Lalu, apa sebenarnya analisis jabatan itu? Analisis jabatan adalah fungsi MSDM yang berusaha “memotret” masing-masing organisasi agar diperoleh informasi. Seperti tujuan, tugas, tanggung jawab, kondisi kerja, kompetensi, dan lainnya.

Dari analisis jabatan ini akan diperoleh deskripsi jabatan, spesifikasi jabatan, dan standar kinerja jabatan. Nah, bisa jadi selama ini, ada jabatan yang belum memenuhi standar kinerjanya. Salah satu faktor belum terpenuhinya standar kinerja jabatan adalah belum dianalisis jabatan tersebut.

Caranya, bagaimana? Buatlah pertanyaan untuk menganalisis. Adapun pertanyaannya adalah (1) Tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh karyawan. Baik tugas fisik dan tugas mental, (2) Dimana tugas tersebut diselesaikan? (3) Mengapa jabatan tersebut perlu dijalankan? (4) Kapan pekerjaan tersebut diselesaikan? (5) Bagaimana karyawan melaksanakan jabatannya, dan (6) Persyaratan apa saja yang diperlukan untuk menjalankan jabatan tersebut?

Pertanyaan tersebut adalah dasar dalam menganalisis suatu jabatan. Rajinlah bertanya dari keenam kalimat tersebut. Terlebih, Anda seorang pemimpin. Jadi, harus cerdas dan kritis terhadap masalah di organisasi Anda. Terlebih masalah MSDM. []

Semarang, 9 November 2020.
Ditulis Di Rumah jam 22.00 – 22.20 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply