• Sunday, October 16th, 2022

Madrasah di Rumah (10): Ujian Mid Semester

Oleh Agung Kuswantoro

 

Seperti Madrasah (baca: sekolah anak) pada umumnya pada bulan Maulid – biasanya – dilaksanakan ujian mid semester. Secara kalender akademik dilakukan evaluasi pembelajaran dengan semester melalui ulangan.

 

Saya – selaku guru/ustad membuat kisi-kisi dari kompetensi yang pernah saya sampaikan kepada anak saya (selaku santri). Adapun kisi-kisinya meliputi kompetensi:  akhlak, fiqih, al-Qur’an, tafsir, bahasa Arab, tauhid, mahfudhot, imla, tarikh, hadis, dan khod. Adapun soal dalam bentuk option/pilihan soal option ada dua puluh pertanyaan dan satu soal esai. Dari soal-soal tersebut, Mubin santri saya, tidak bisa menjawab 1 pertanyaan soal option dan untuk soal esai dapat menjawab dengan sangat baik.

 

Itulah cara saya dan keluarga dalam menguatkan ilmu (agama), meskipun Madrasah di rumah. Namun tetap ada ujian mid semester. Semoga kita tetap semangat untuk mendidik putra-putri kita di rumah. Amin.

 

Semarang, 9 Oktober 2022

Ditulis di Rumah jam 03.40 – 03.46 Wib.

 

 

 

 

 

 

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply