• Thursday, October 27th, 2022

 

Penulis Buku
Oleh Agung Kuswantoro

Membaca dan mempraktikkan beberapa buku mengenai aplikasi statistik, menjadikan saya harus bijak dalam menentukan sumber referensi. Dari beberapa referensi yang saya dapat, ada penulis yang berlatar belakang “bukan pendidikan”, sehingga kurang tajam dalam menganalisa. Ada juga penulis yang berlatar belakang sesuai bidang yang dikaji, sehingga mampu memperdalam analisa sesuai aplikasinya.

Jika yang menulis itu “bukan ahlinya”, menerangkannya lebih pada bagian-bagian dari sistemnya. Tidak mengurai makna/interpretasinya. Berbeda dengan penulis yang “dibidangnya”, dalam menjelaskan lebih ke “model-model” yang ditawarkan dalam sistem tersebut. Jadi, tidak menekankan pada menu-menu aplikasi tersebut. Bahkan penulis yang sesuai bidangnya, mampu memberikan contoh-contoh sesuai “modelnya”.

Sebagai pembelajaran bagi saya yang sedang belajar, bahwa harus selektif dalam membaca buku, terlebih sedang menyelesaikan tugas akademik/menulis karya ilmiah agar tulisan berbobot dan berisi. []

Semarang, 27 Oktober 2022
Ditulis di Rumah jam 04.30 – 04.35 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply