• Thursday, February 15th, 2024

Refreshing Akademik

Oleh Agung Kuswantoro

Di sela-sela waktu tidak mengajar mahasiswa, saya menyempatkan waktu untuk refreshing akademik dengan pergi ke gedung Rumah Ilmu Perpustakaan UNNES untuk membaca buku (Rabu, 13 Februari 2024).

Mata dan pikiran saya langsung ke buku bertema sosial, pendidikan, agama, dan manajemen. Tak disangka saya menemukan buku (lama) yang saya tulis dengan para dosen senior yang sudah meninggal dunia yaitu: Drs. Sularso Mulyono dan Drs. Partono, M.Pd. Adapun judul bukunya adalah “Manajemen Kearsipan”. Selain itu, saya juga menemukan buku saya yang saya tulis dengan dosen senior lainnya –yang sudah pensiun—yaitu Drs. Marimin, M.Pd. adapun bukunya adalah “Keyboarding 10 Jari Buta”.

Aktivitas saya selama di perpustakaan UNNES, saya pinjam 5 buku tetang pendidikan dan manajemen, dimana tema tersebut sesuai dengan mata kuliah yang saya ampu/ajar.

Dengan menemukan buku yang saya tulis, dimana telah ‘berusia’ kurang lebih 10 tahun yang lalu, menjadikan saya ingin “meng-upgrade” mengenai buku yang pernah saya tulis tersebut. Menurut saya buku-buku tersebut dianggap ‘jadul’ terkait dengan perkembangan ilmu/informasi sekarang, seperti: kearsipan berbasis access, pendidikan administrasi perkantoran berbasis TIK, manajemen kearsipan, arsip pembelajaran berbasis access, dan beberapa buku yang saya tulis lainnya.

Mungkin sudah saatnya saya mulai meningkatkan isi kualitas buku sesuai dengan kondisi saat ini, seperti AI, digitalisasi, society 5.0, atau kekinian lainnya yang sedang trend saat ini.

Mohon doanya agar saya bisa mampu merevisinya, sehingga pembaca “agung lover pun” masih tetap setia membaca buku saya. Terima kasih atas perhatian dan masukan selama ini kepada pembaca buku saya. []

Semarang, 13 Februari 2024

Ditulis di Gedung Kearsipan lantai 2. Jam 14.15 – 14.30 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply