• Monday, May 20th, 2024

Mensosialisasikan Hasil Disertasi dalam Bentuk Workshop Nasional, Pengabdian Kepada Masyarakat, Artikel Ilmiah, Artikel Populer, dan Penelitian (Lanjutan)
Oleh Agung Kuswantoro

Selama dua hari, saya menjadi narasumber dalam Workshop Nasional 38 JP: “Optimalisasi Administrasi Perpustakaan dan Kearsipan Berbasis Komitmen Partisipatif Terintegrasi dalam Rangka Mewujudkan Akuntabilitas” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id. Tema ini memang sangat disertasi saya sekali. Ada penguji saya yang melihat flayer kegiatan tersebut, langsung bertanya kepada saya, “Apakah ini tema disertasi, Mas Agung? Langsung saya jawab: “Ya”. Adanya pertanyaan penguji saya tersebut, menjadikan saya lebih semangat terhadap “temuan” disertasi saya, yang intinya: ada faktor lain dalam penyelenggaraan kearsipan yaitu komitmen partisipatif terintegrasi.

Peserta yang hadir full secara kapasitas zoom meeting yaitu 300 orang dan lima ratusan yang melihat secara live/streaming. Saya lebih cenderung mengenalkan konsep “komitmen partisipatif terintegrasi” dalam sebuah penyelenggaraan kearsipan. Bahasa-bahasa atau istilah-istilah yang sangat teoritis, saya rubah dengan kalimat praktis. Istilahnya dari bahasa “langit” menjadi bahasa “bumi”. Alhamdulillah, peserta bisa memahami dan interaktif dalam sesi diskusi/tanya jawab.

Insya Allah setelah workshop nasional tersebut, tema “komitmen partisipatif terintegrasi” akan disampaikan di Kecamatan Pemalang dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Selasa, 4 Juni 2024.

Tidak berhenti disitu saya mengenalkan konsep tersebut, saat ini juga sedang dilakukan penelitian (lanjutan) atas tema tersebut, dimana responden diperluas tidak hanya PTN di Jawa Tengah. Namun juga, PTS atau PTN selain Jawa Tengah. Tujuannya agar lebih komprehensif dalam menarik sebuah kesimpulan.

Itulah, salah satu cara saya dalam “menjual” atau “memasarkan” hasil disertasi yang pernah saya tulis. Harapannya: konsep atau temuan saya berupa “komitmen partisipatif terintegrasi” bisa berguna bagi masyarakat. Insya Allah. Amin. []

Semarang, 20 Mei 2024/9 Zulkaidah 1445. Ditulis di Kolam Renang GKS, jam 15.30 – 15.40 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply