• Saturday, June 15th, 2024

Mengangkat Kedua Tangan

Bagaimana posisi mengangkat kedua tangan? Dalam kitab safinatunnajah dijelaskan bahwa mengangkat kedua itu sejajar dengan kedua bahu dan jari-jemarinya tepat pada bagian atas telinga. Disunahkan mengangkat tangan dalam empat tempat yaitu:

  1. Ketika takbiratul ihrom.
  2. Ketika rukuk
  3. Ketika itidal
  4. Ketika berdiri dari tasyahud awal–orang menyebutnya tahyad awal–hal ini berbeda kalau berdiri dari sujud atau dari duduk istirahat. Duduk istirahat adalah duduk sebelum bangun menuju rokaat kedua. Disunahkan untuk duduk istirahat saat akan bangun dirokaat pertama atau ketiga jika solat tersebut adalah solat yang jumlah rokaatnya ada empat. Bangun setelah duduk istirahat tidak disunahkan mengangkat tangan.

Wallahu ‘alam


Syarat-syarat Sujud

Sujud termasuk rukun dalam solat. Agar solat kita diterima oleh Allah kita harus memperhatikan syarat sujud kita saat solat. Apa saja syaratnya? Ini syaratnya

  1. Harus bersujud dengan tujuh anggota badan yaitu satu dahi, kedua belah tangan, kedua lutut, dan bagian jari-jari kaki (jari-jari kaki dalam sujud dijejekkan atau mancal kedalam atau menghadap ke kiblat)
  2. Dahi harus terbuka. Jangan tertutup sekalipun dengan belahan rambut.
  3. Harus menekankan kepala, sekiranya beban kepala mengenai pada tempat sujud. Tempat sujud kita terlihat ada bekas setelah kita sujud jika dibawahnya atau kapuk.
  4. Tidak turun untuk keperluan selain sujud.
  5. Tidak bersujud pada sesuatu yang ikut bergerak karena gerakan dirinya. Misal mukena perempuan bagian kepala mengikuti saat sujud yaitu menghalangi tempat sujud atau peci laki-laki saat sujud yang menghalangi dahi waktu akan ke tempat sujud. Itu namanya ikut bergerak karena gerakan darinya.
  6. Mengangkat bagian bawahnya (pantat) ke atas. Jadi agak jengking atau memanjang agar pantat ke atas
  7. Bertumakninah. Tumakninah adalah berhenti sejenak dengan tujuan mengatur anggota badan. Saat ini pula kita disunahkan membaca membaca bacaan sujud SUBHANA ROBBIYAL dan seterusnya. Jadi syaratnya adalah tumakninah harus menjadi perhatian kita. Bukan cepatnya solat karena tumakninah termasuk syarat dan rukun solat juga. Waallahu ‘alam.

Anggota Sujud

Adapun tujuh anggota sujud yaitu:

  1. Dahi;
  2. kedua telapak tangan;
  3. kedua lutut;
  4. kedua jari-jari kaki yang dalam.

Waallahu ‘alam.
Ditulis dir Rumah, 8 Dzulhijjah 1445/puasa tarwiyah/15 Juni 2024, jam 15.31-15.55 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply