• Thursday, July 04th, 2024

Belum Paham Saat Ini,Paham Untuk Masa Depan
Oleh Agung Kuswantoro

Diberitahu oleh KH. Romadhon SZ – Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang – untuk memberikan motivasi santriwan dan santriwati dalam menuntut ilmu menjadikan saya mengingatkan saya waktu belajar Madrasah Diniyah Wustho – Ulya di tempat tersebut.
Madrasah Diniyah Wustho – Ulya Salafiyah merupakan satu dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah.

Judul yang saya tulis adalah apa yang saya alami saat itu, dimana belum paham saat ini (pada waktu di madrasah), tapi paham untuk masa depan (sudah lulus dari madrasah).

Alhamdulillah, ada 150 santri – santriwan yang hadir. Alhamdulillah saya bisa bertemu langsung dengan KH Romadhon SZ, Nyai Iswatun, Nyai Fatimah, Ustad Ali Mukmin, Ustad Komar dan lainnya.

Materi yang saya sampaikan adalah ikhlas dalam menuntut ilmu. Saya memulai materi pengalaman saat Madrasah, Dimana: diberi nasihat oleh KH Abdullah Sidiq agar selalu ikhlas. Lalu, dilanjutkan dengan keterkaitan ikhlas dalam menuntut ilmu dan kehidupan sehari-hari. Ikhlas mengantarkan seorang santri lebih sukses dunia akhirat.

Pada sesi tanya jawab, saya memberikan quis berupa pertanyaan-pertanyaan tentang sorof, fiqih, dan meresume materi. Alhamdulillah terpilihlah tiga santri – santriwan yang dapat yaitu santri Rizqi, santriwan Faizah Khoirunnisa, dan santriwan Melly Andriyani. Adapun moderator kegiatan tersebut adalah ustadzah Izza. Santriwan-santriwati ini ternyata memiliki prestasi: juara kaligrafi pondok tingkat kabupaten (Faizah Khoirunnisa) dan pernah juara menulis cerpen tingkat kabupaten (Melly Andriyani)

Dalam kesempatan baik tersebut, saya mengajak istri (Lu’lu’ Khakimah), kedua anak saya (Muhammad Fathul Mubin dan Muhammad Syafa’atul Quddus), dan ibu saya (Zumrohati). Tujuannya untuk bersilaturahim dengan keluarga besar Salafiyah Kauman Pemalang.

Rasanya senang dengan bisa belajar bersama dengan 150 santri – santriwan Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang, tempat dimana saya mendapatkan ilmu-ilmu agama dan mencari sosok inspirasi dan teladan dalam hidup saya.

Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada KH Romadhon SZ dan Nyai Iswatun atas kepercayaannya kepada saya untuk mengajak belajar bersama santri – santriwan pada masa liburan dengan berkegiatan yang bermanfaat ini. Terima kasih juga para ustad – ustadzah yang telah membantu kami dalam kegiatan ini secara teknis (ustad Komar dan ustadzah Izza), sehingga acara ini berjalan dengan lancar.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk keluarga saya dan para santri – santriwan pondok pesantren Salafiyah Kauman Pemalang. Mohon maaf, jika kesalahan yang saya perbuat dari saya dan keluarga selama kegiatan berlangsung. []

Pemalang, 30 Juni 2024/25 Dzulhijjah 1445. Ditulis di rumah Pemalang jam 02.25 – 02.40 Wib.

Catatan: Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2024/22 Dzulhijjah 1445 jam 09.00 – 11.00 Wib di Aula Lantai 2 pondok pesantren Salafiyah Kauman Pemalang.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply