• Tuesday, July 30th, 2024

Bicara Arsip Tak Teknis Saja
Oleh Agung Kuswantoro

Bicara arsip, ternyata tidak bicara pengelolaan saja, namun ada isi atau bagaimana cara memahami makna isi arsip itu sendiri. Artinya: dalam diri arsip ada dua yang bisa dibicarakaan yaitu: ilmu dan teknisnya. Ilmu arsip itu sendiri butuh pemahaman telusur dan kajian yang benar dalam mempelajarinya.

Demikian juga teknis arsip dibutuhkan praktik dan pemahaman yang benar dalam mengelola arsip. Misal: ada arsip sebuah sejarah lembaga. Maka, mengkajinya dua sisi yaitu: ilmu sejarah yang melekat dalam arsip lembaga tersebut. Dibutuhkan kajian runtutan informasi yang mendalam atas arsip tersebut. Dibutuhkan kajian histori yang mendalam atas arsip tersebut. Kamudian, arsip tersebut harus dikelola secara teknis dengan benar, sehingga ada istilah “pengelolaan arsip dinamis dan statis”. Disitulah letak ilmu teknisnya.

Nah, kita harus menempatkan diri dalam memandang sebuah arsip. Saya ada disisi mana? Apakah ilmu atau teknisnya? Disitulah uniknya, sebuah arsip. Tidak semua orang ahli dibidang ini. Dibutuhkan sebuah proses untuk memahami kedua sisi tersebut. []

Ditulis di Royal Safari Garden Bogor, 20 Juli 2024/13 Muharrom 1446 H jam 05.40 – 05.45 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply