Archive for ◊ August, 2024 ◊

• Thursday, August 01st, 2024

“Ngeces” Alat dengan Membaca Buku Analisis
Oleh Agung Kuswantoro

Beberapa hari ini, saya sering membaca buku: “Analisis Multivariat Terapan” dengan program SPSS, AMOS, dan SmartPLS” karya Agus Widarjono, Ph.D. buku ini menarik karena penjelasannya tidak bertele-tele. Lalu, penyajiannya bagus dilengkapi dengan gambar dalam sebuah model-model. Modelnya sederhana, kemudian dibawahnya ada keterangan. Jadi, tanpa harus membaca secara keseluruhan keterangannya, namun melalui bagan dan keterangan dibawahnya, itu sudah dipahami. Pada lampiran diberikan contoh-contoh kasus analisis dengan SEM.

Dengan membaca buku ini menjadikan saya “melek” dan mengingatkan lagi tentang analisis seperti teknik dependensi (analisis regresi, pengujian asumsi OLS, dan analisis regresi logit); teknik dependen (analisis diskriminan, manova); teknik interdependen (analisis faktor), SEM (analasis jalur, analisis faktor konfirmatori, CB-SEM), PLS-SEM).

Semoga dengan membaca buku tersebut, saya bisa membuat analisis atas model rancangan atas artikel saya. Mohon doanya, semoga terwujud. []

Ditulis di Royal Safari Garden Bogor, 19 Juli 2024/13 Muharrom 1446 H jam 20.30 – 20.37 Wib.