• Wednesday, August 14th, 2024

Memiliki Waktu
Oleh Agung Kuswantoro

Saya mengamini isi buku “Teknik Penulisan Karya Ilmiah” karya Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si, MCE yang mengatakan bahwa untuk dapat menulis buku ada beberapa syarat. Adapun syarat terakhir yang dikemukakan oleh Prof. Deni adalah memiliki waktu luang dalam mendapatkan inspirasi penyempurnaan seluruh karya buku. Penekanannya adalah waktu luang.

Pengalaman saya bahwa dalam dunia tulis-menulis membutuhkan waktu khusus untuk bisa menulis. Dulu, sewaktu saya menulis disertasi, hampir tiap malam bergadang dari jam 20.00 – 01.00 Wib. Mengapa menulisnya malam hingga larut malam? Karena pagi hingga sore bekerja. Lalu, apa yang saya tulis/tema/pesannya adalah bidang yang saya tekuni. Jadi, tidak mungkin atau peluangnya kecil untuk meminta tolong orang lain menyelesaikan disertasi saya tersebut.

Ya, saya nikmati saya. Jadi, memang menulis itu butuh waktu. Dan, tidak bisa meminta tolong orang lain untuk menuliskan apa yang ingin kita tulis. Nanti hasilnya akan penulis banget. Istilahnya, tulisannya Agung banget atau gue banget.

Yuk, kuatkan tekat untuk menulis. Terlebih jika akan menulis sebuah buku dibutuhkan konsep dan proses yang baik. Sabar agar hasilnya bisa dinikmati/dibaca oleh orang lain. []

Ditulis di Bandara Soekarno Hatta 1 Agustus 2024/26 Muharrom 1446 jam 16.19 – 16.28 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply