• Monday, April 08th, 2024

Khatam Ngaji Kitab Washoya Aba Lil Abna

Oleh Agung Kuswantoro

Alhamdulillah atas izin dan rahmat Allah Swt bahwa ngaji yang dilakukan oleh saya, istri dan kedua anak saya bisa khatam (baca: selesai) pada tanggal 27 Ramadan 1445/7 April 2024. Kami memulai ngaji pada tanggal 1 Ramadan 1445/12 Maret 2024 usai solat subuh. Kita rutin tiap subuh membaca bab demi bab. Mulai dari judul pertama dalam kitab tersebut adalah Ibu hingga judul terakhirnya adalah cita-cita.

Setelah membaca kitab ini, kami menjadi paham “nilai-nilai” yang harus dilakukan oleh seorang guru, bapak, ibu, saudara, teman, dan anak pada keadaan/situasi tertentu. Misal: anak yang tidak suka kucing, bukan berarti harus menyiksanya. Justru, kucing yang disiksa itulah yang menyelamatkan anak dari bahaya ular yang masuk ke kamar anak tersebut. Lalu, perlunya percaya diri dalam menyampaikan cita-cita, dimana: cita-cita yang baik tidak cukup sukses dunia saja, tetapi juga berguna bagi agamanya. Demikian juga, anak perempuan dalam bicara sebaiknya pelan. Jangan keras dalam bicara atau seakan-akan bicaranya “membentak” kepada orang lain (termasuk dengan Ibunya). Kemudian, mendidik anak agar disiplin dalam menaruh sepatu dan sandal sesuai dengan tempatnya. Dan, masih banyak lagi “nilai-nilai” yang ada dalam kitab setebal 47 halaman berbahasa jawa alus dengan huruf arab pegon.

Terima kasih penulis kitab bersampul coklat tersebut yaitu Kiai Bisyri Mustofa, Rembang. Semoga kitab yang “syarat” dengan akhlak luhur ini, bisa memberikan manfaat dan faidah kepada para pembaca. Mari kita budayakan baca buku/kitab dalam bulan Ramadan agar tambah ilmu agama kita. Alhamdulillah dengan disiplin waktu untuk membaca, anak saya yang awalnya tidak menyangka bisa khatam, nyatanya bisa khatam kitab yang diterbitkan oleh Menara Kudus tersebut. Terima kasih Ramadan 1445 yang telah mempertemukan kami dengan kitab sederhana yang didalamnya terdapat gambar sesuai dengan masing-masing judul. []

Ditulis di Rumah Pemalang jam 14.00-14.10 Wib, tanggal 28 Ramadan 1445/8 April 2024.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply