• Saturday, July 13th, 2024

Bergeser
Oleh Agung Kuswantoro

Ada pergeseran dalam google scholar (tahun 2004) saya terkait artikel/buku yang disitasi oleh pembaca. Sejak awal google scholar ada buku saya yang berjudul: “Teaching Factory: Rencana dan Nilai Entrepreneurship” yang tertinggi dalam sitasi dari sekian tulisan/karya saya, kemudian disusul buku: Manajemen Kearsipan. Namun pada tahun 2024, terjadi pergeseran jumlah sitasi tertinggi dari Teaching Factory ke Manajemen Kearsipan.

Kedua buku ini mengkaji tentang konsep manajemen secara keseluruhan. Manajemen kearsipan menekankan pada pengelolaan arsip mulai dari penciptaan, hingga pemusnahan. Lalu, teaching factory lebih menekankan fungsi perencanaan dalam sebuah manajemen. Hanya saja objeknya yang berbeda, namun prinsip manajemen yang utama.

Kadang saya menyimak tulisan-tulisan sendiri yang ada di google scholar dengan tujuan mengetahui kemampuan dan respon pembaca atas tulisan-tulisan saya, sehingga akan muncul pertanyaan: saya ahli dibidang apa? Dari situlah akan terjawab sebuah keahlian yang melekat dalam diri seseorang mengenai expert atau keahliannya. Semoga kita termasuk orang yang menjaga konsistensi keahlian sebuah keilmuan. []

Semarang, 10 Juli 2024/4 Muharrom 1446. Ditulis jam 04.10 – 04.20 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply