• Thursday, December 17th, 2020

Ingat Doni, Ingat E Arsip Pembelajaran

Oleh Agung Kuswantoro

 

Begitu cepat informasi yang saya terima, bahwa Romadhoni Hidayat—atau dipanggil Doni—telah pulang di sisi Allah. Kabar tersebut, menjadikan saya seakan-akan tidak percaya dengan apa yang terjadi malam ini. Karena, komunikasi saya dengan Doni dan istrinya beberapa hari yang lalu, menjadi komunikasi yang terakhir mengenai keberadaan Doni.

 

Banyak kenangan saya dengannya. Untuk tulisan kali ini, saya ingin bercerita mengenai aplikasi yang saya buat pada tahun 2014-2015 yang bernama e-arsip pembelajaran. E-arsip pembelajaran adalah satu adalah hasil pemikiran saya dan dia. Konsep dari saya. “Pemasarannya” berasal dari dia. Dia banyak terkait cara menjualkan e-arsip pembelajaran. Termasuk, jika “produk” tersebut dicetak dalam sebuah buku.

 

Kudus-lah yang pertama kali mengadakan pelatihan e arsip pembelajaran. Salah satunya, berkat tangan lincahnya sekretaris kegiatan tersebut. Ia adalah Doni. Teman dan sahabat saya yang pernah terlibat dalam konsep e-arsip pembelajaran.

 

Sekarang “produk” tersebut masih digunakan oleh SMK jurusan Administrasi Perkantoran. Semoga dengan digunakan “produk” tersebut menjadikan amal baik dia. Saya sering berdiskusi dengannya terkait perkembangan Administrasi Perkantoran.

 

Banyak even/kegiatan saya yang saya lakukan dengannya. Saya cocok saja dengan “gaya” dia. Saya tahu persis wataknya, karena sejak kuliah saya sudah mengenalnya. Antara saya dan dia sudah saling berkunjung ke rumah di Rembang, Kudus, dan Semarang.

 

Sekarang cerita itu hanya berupa kenangan yang tak pernah lekang oleh waktu. Masih ada generasi Doni yang lainnya. Ambillah watak bijak terbaik dari Doni. Tirulah, dia. Karena, dia orang yang ulet, rajin, ringan tangan, dan suka menolong sahabatnya.

Selamat jalan, Doni. Selamat “pulang” di tempat peristirahatan yang paling tenang. Doa kami selalu menyertaimu. Al-Fatihah. []

 

Semarang, 17 Desember 2020

Ditulis di Rumah, jam 21.00 – 21.10 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply