• Monday, June 21st, 2021

 

Ngaji “Nata Ati”
Oleh Agung Kuswantoro

Antara tahun 2000-2001, saya pernah aktif mengikuti kajian kitab Ihya Ulumuddin di Masjid Agung Pemalang. Kajian dilakukan pada jam 09.00 11.00 WIB tiap hari Ahad dengan pemateri/pengampu Kiai Masruhi (Pelutan) dan Kiai Dimyati (Comal).

Waktu itu, usia saya sekitar 18 – 19 tahun saat kajian tersebut. Saat saya mengikuti kajian tersebut, tidak memiliki kitab Ihya Ulumuddin. Saya hanya mengaji jiping/ngaji nganggo kuping (baca:mengaji dengan menggunakan telinga). Alias mengaji dengan mendengarkan dari pemateri yang disampaikan.

Ketika mendengar pun—waktu itu—saya belum paham apa yang saya dengar dari penjelasan kedua pemateri. Artinya, materi-materi yang disampaikan dalam kitab tersebut, belum saya pahami sepenuh hati. Jadi, saya asal ngaji saja. Paham, gak paham itu, urusan lain.

Santri yang mengaji kitab Ihya Ulumuddin waktu itu, kebanyakan para “senior” dari beberapa daerah di Pemalang. Mereka dari kalangan ustad dan santri berpengalaman dalam belajar agama dari pelosok kota/desa di daerah yang berjulukan Kota Ikhlas.

Di situlah saya menangkap cara Kiai dalam penyampaian materi. Kiai Masruhi – yang notabene berprofesi sebagai Ketua Hakim Pengadilan Agama kabupaten Pemalang waktu itu– sangat tegas dalam menjelaskan makna-makna kandungan kitab Ihya Ulumuddin. Tas tes tes, kaya gitulah dalam menerangkan.

Bahkan, dalam membuat contoh itu, lebih realitas dan kekinian. Model dalam membaca, mengabsahi, dan memaknai kitab Ihya Ulumuddin yaitu membacakan perlafal hingga beberapa baris, baru menerangkan maknanya. Dalam pemaknaannya pun, sering menggunakan bahasa Indonesia.

Biasanya, santri saat mengabsahi/mengartikan dalam bahasa Jawa. Namun, kali ini ada beberapa lafal/kalimat menggunakan bahasa Indonesia. Kiai Masruhi biasanya menyampaikan pada sesi I (jam 09.00 – 10.00). Jam 10.00 – 10.15 WIB, istirahat.

Jam 10.15 WIB masuk kajian sesi II oleh Kiai Dimyati dari Comal. Kiai Dimyati dalam menyampaikan sangat halus dan berhati-hati sekali dalam kaidah Nahwu dan Sorof-nya. Setiap lafal, beliau maknai secara bahasa dan istilah.

Belum lagi, Kiai Dimyati menerangkan suatu kalimat—dari lafal-lafal yang ada dalam kitab Ihya Ulumuddin—yang dibacakannya. Setelah itu, menerangkan isi kandungan yang dibaca olehnya.

Kiai Dimyati memiliki karakteristik halus dalam penyampaiannya. Target mendapatkan materi banyak, bukan tujuan utama yang penting dapat dipahami oleh santri. Kurang lebih seperti itu, gaya Kiai Dimyati dalam suatu kajian.

Kajian tersebut masih berlangsung saat usia saya memasuki 22 tahun. Atas izin Allah, saya dapat membeli kitab Ihya Ulumuddin versi kitab kuning 4 jilid di Toha Putra Semarang. Uang hasil dari kerja saya—waktu itu masih berprofesi sebagai guru—dengan gaji yang “amat tak seberapa”. Saya belanjakan kitab Ihya Ulumuddin saja. Tujuannya, agar saya dapat mengaji dengan mengabsahi secara langsung. Tidak jiping lagi.

Ternyata, kajian kitab Ihya Ulumuddin di tahun 2006 masih berlangsung. Namun, saya ketinggalan banyak bab. Karena, 1 tahun saya studi/belajar di UNNES dan bekerja sebagai guru di Semarang. Walaupun, ketinggalan banyak bab, saya tetap semangat mengaji. Setiap kali pulang Pemalang – tahun 2006 hingga 2007 – saya menyempatkan untuk mengkaji kitab Ihya Ulumuddin.

Oh ya, kajian kitab Ihya Ulumuddin ini—waktu itu—disiarkan langsung di Stasiun Radio Widuri Pemalang. Ibu dan Kakak saya, biasanya mengikuti kajian ini dari radio di rumah.

Tahun 2021, saya kurang tahu pastinya, apakah kajian Ihya Ulumuddin di Pemalang masih atau tidak. Harapannya, kajian yang berisi pesan-pesan kebaikan itu masih berlangsung. Meskipun, saya sudah berdomisili di Semarang.

Melalui kitab Ihya Ulumuddin, saya dituntun untuk belajar “nata ati”. Banyak ilmu-ilmu yang saya dapatkan dari kitab karangan Imam Gozali tersebut. Kitab ini menjadikan saya, lebih hati-hati dalam memaknai sebuah kehidupan. Kitab Ihya Ulumuddin menuntun seseorang agar “menghidupkan” ilmu-ilmu Allah di dunia ini.

Alhamdulillah, saat ini, tahun 2021, saya masih mengaji kitab Ihya Ulumuddin secara daring yang diampu oleh Kiai Ulil Absor Abdullah. “Gaya” penyampaian Kiai Ulil Absor Abdullah sepintas seperti Kiai Masruhi (dulu saat saya mengaji) yang lebih kekinian dalam menafsirkan, memaknai, dan memberikan contoh.

Saya sangat bersyukur masih bisa mengaji lagi kitab tersebut, hingga kini. Bersyukur juga, bisa bertemu dengan kiai-kiai yang berilmu dan beramal baik seperti Kiai Masruhi, Kiai Dimyati dan Kiai Ulil Absor Abdullah. Tidak sembarang orang bisa mengaji kitab Ihya Ulumuddin ini. Karena, membutuhkan “hati yang telah tertata”. Hati yang “didandani” agar menjadi lebih baik. Itulah, inti belajar kitab Ihya Ulumuddin.

Semoga guru-guru saya yang mengajarkan kitab ini, selalu sehat dan diberi keberkahan dalam hidupnya. Itulah doa saya dari santri yang waktu itu mengaji dengan jiping.

Semarang, 19 Juni 2021
Ditulis di Rumah Jam 05.00 – 05.20 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply