• Friday, December 17th, 2021

Ada “Tangan” Allah

Oleh Agung Kuswantoro

 

Melihat pemberitaan sesi akhir F1 2021 (Ahad, 12 Desember 2021) di Abu Dhabi, saya menjadi berfikir bahwa dalam setiap apa pun hidup di dunia, pasti ada yang “menang” dan “kalah”. Di luar konteks “menang” dan “kalah” itu, ada “tangan” Allah (baca: kuasa Allah). Allah memiliki kekuasaan Yang Maha Luar Biasa. Sehebat dan serapi-rapi rencana dan strategi apa pun, belum tentu manusia yang “menang”.

 

Kembali ke balapan tadi. Seharusnya secara logika akal: yang menang adalah Hamilton. Tetapi, Max Verstappen–lah yang menang. Malahan, Hamilton yang kalah dalam balapan jet darat tersebut.

 

Siapa sangka ada kecelakaan dilakukan oleh Nicolas Latifi yang menghantam dinding pembatas, dimana safety car melaju yang mengakibatkan jarak antara Hamilton dan Max Verstappen sangat tipis. Disinilah, mulai muncul strategi ganti ban dan pit stop.

 

Diluar balapan ini, yang pasti ada “tangan Allah”. Kesemua kejadian balapan tersebut, ada kehendak Allah. Mengutip berita Kompas (Senin, 13 Desember 2021) memberi judul “Mukjizat Verstappen”. Menurut saya, berita tersebut, ada benarnya. Dimana memang Hamilton-lah yang menang, jika tidak ada kecelakaan.

 

Hal ini memberikan pelajaran kepada kita, sesempurnanya apa pun yang dilakukan oleh kita, belum tentu Allah berkehendak, sehingga kita diharuskan untuk tetap “merundukkan hati” dan perbanyak doa, karena pada hakikatnya, dalam kehidupan di dunia, pasti Allah tetap ikut “campur” untuk kebaikan diri kita sebagai hamba Allah yang patuh kepada-Nya. []

 

Semarang, 16 Desember 2021

Ditulis di Rumah, jam 12.00 – 12.15 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply