• Friday, November 11th, 2022

Salat Gerhana

Oleh Agung Kuswantoro

 

8 November 2022 adalah hari dimana terjadi gerhana total. Kebetulan gerhana bulan tersebut adalah gerhana terakhir pada tahun 2022. Mendengar berita, bahwa pada tanggal tersebut akan terjadi gerhana, saya mencari informasi terkait musola/masjid yang menyelenggarakan solat gerhana bulan.

 

Singkat cerita, saya solat magrib di Masjid Ulul Albab (MUA) UNNES. Saya mencoba menghubungi ketua takmir MUA untuk bertanya terkait apakah di MUA usai salat maghrib ada salat gerhana. Langsung dijawab oleh ketua takmir masjid MUA agar diselenggarakan salat gerhana bulan, jika bisa.

 

Kebetulan ketua rakmir saat itu, sedang sakit. Alhasil, dengan niat lillahi ta’ala dan dibantu oleh mahasiswa yang tergabung dalam takmir MUA, penyelenggaraan salat gerhana bulan bisa terlaksana. Lengkap dengan khutbahnya.

 

Mumpung masih diberi umur panjang dan kesempatan mengalami gerhana, Alhamdulillah kami bisa melakukan salat sunah tersebut. Adapun manfaat gerhana bulan adalah mengimani Allah Swt berupa ciptaan-ciptaanNya. Allah Swt-lah yang Maha Besar di alam raya ini, bukan manusia. Selain itu, menjahui rasa syirik berupa pandangan-pandangan yang kurang tepat terkait gerhana bulan. Peristiwa gerhana bulan, bukan dilakukan dengan masuk ke kolong kasur.

 

Amanah ketua takmir MUA kepada saya, bahwa MUA sebagai sentral budaya amaliah keislaman di UNNES, salah satunya dengan melakukan solat gerhana bulan. Terima kasih MUA yang telah menyelenggarakan salat gerhana. Semoga senantiasa menjadi hamba yang baik dalam mengabdi kepada Allah. Amin. []

 

Semarang, 1 November 2022

Ditulis di Rumah jam 15.00 – 15. 05 Wib.

 

 

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply