• Wednesday, November 22nd, 2023

Disitasi

Oleh Agung Kuswantoro

Saya bukanlah penulis handal. Namun saya suka menulis. Adalah sebuah kebahagiaan, jika ada tulisan saya disitasi oleh pembaca.

Sudah banyak buku yang saya tulis. Demikian juga, artikel. Namun, berdasarkan pengalaman saya bahwa: sebuah buku atau artikel itu, belum tentu, ada yang disitasi oleh pembaca.

Salah satu kelebihan buku, jika dicetak secara nasional oleh penerbit besar adalah ada/banyak yang mensitasi (biasanya). Adalah mahasiswa UIN yang Bernama: Nikmatul Wardiah, NIM: 19220139; Program Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah; Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), Jakarta tahun 1445 H/2023 M yang telah mensitasi tulisan saya dalam motto skripsinya yang berjudul: “Studi Komparasi Retorika Dakwah Ustaz Abdul Somad, Ustaz Hilman Fauzi, dan Habib Husein Hadar Melalui Media Instagram”. Pastinya, saya tidak mengenal mahasiswa tersebut. Tetapi, mahasiswa tersebut membaca buku saya.

Untuk kali ini, mahasiswa tersebut mengutip/mensitasi dari buku tentang Public Speaking. Sebuah buku yang saya tulis dari hasil penelitian saat mengajar mata kuliah komunikasi. Dimana, setiap mahasiswa tampil “Public Speaking”. Alhasil, mereka dapat menimbulkan/menanamkan rasa karakter (percaya diri, menguasai bahan, dan menyadari akan kelemahan diri).

Rasanya, sangat senang jika ada yang mensitasi sebuah tulisan saya. Satu orang saja mensitasi buku/artikel saya, saya merasa senang. Karena saya memahami dan mengalami, bahwa tidak semua buku/artikel itu, ada yang mensitasi/mengutip tiap tulisan. Tetap semangatlah, Anda untuk menulis!

Truntum Hotel Kuta Bali, Jum’at, 17 November 2023. Ditulis di kamar hotel Tuntrum Kuta jam 06.35 – 06.55 WITA.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply