• Thursday, November 30th, 2023

Mengalami

Oleh Agung Kuswantoro

Adalah kata yang tepat untuk sebuah proses. Orang yang tidak mengalami, maka bisa dikatakan tidak berproses. Mengalami akan mengetahui sebuah keadaan. Orang akan berkata: “Sungguh nikmat kegagalan ini”. Artinya: orang tersebut sedang mengalami kegagalan.

Lagi, ada orang yang berkata: “Wah, ini enak sekali”. Artinya: dia sedang menikmati sebuah makanan yang enak. Bisa jadi, dia telah merasakan ketidakenakan/kesusahan.

Orang yang tidak mengalami, cenderung “menganggap” segala sesuatu itu, susah. Misal, ada kalimat: “Enak ya, jadi orang kaya, serba enak”. Berarti, dia belum mengalami proses menjadi kaya, maka proses menuju kaya adalah sesuatu yang susah.

Oleh karenanya, melalui tulisan ini, saya mengajak ke diri sendiri untuk belajar mengalami. Mengalami untuk merasakan. Mengalami langsung ke “lapangan”. Singkatnya seperti itu, makna mengalami. Nikmati prosesnya, Insya Allah dalam “perjalanan” proses tersebut, akan ada peristiwa yang luar biasa. Mengapa? Karena, disitulah/selama berproses akan ada “keterlibatan” kekuasaan Allah yang Maha Luar Biasa. Cobalah untuk mengalami!

Kuta Bali, 18 November 2023

Ditulis di Truntum Hotel jam 05.20 – 05.30 WITA.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply