Keterampilan Seorang Manajer
Oleh Agung Kuswantoro
Bicara organisasi, maka bicara manajer. Manajer, bahasa sederhananya adalah pemimpin di unit kerja. Artinya dia “ketuanya”. Namun, berbeda dengan makna kepemimpinan/leadership. Masing-masing unit memiliki “ketua”. Ketua itulah manajer.
Manajer dalam menjalankan tujuan organisasinya, harus memiliki empat keterampilan yaitu: (1) pribadi; (2) teknis; (3) administratif; dan (4) interaksional.
Manajer secara pribadi itu menarik. Sikap dan mumpuni kemampuannya. Manajer harus memahami teknis pekerjaannya. Manajer jangan hanya “menyuruh” tetapi manajer, memenuhi kualifikasi administrasi yang disyaratkan oleh lembaganya. Dan, manajer harus mampu berinteraksi dengan para staf dan koleganya. Termasuk, dengan pimpinannya dapat berkomunikasi dengan santun. Semoga manajer seperti itu adalah Anda. Amin.
Ditulis di Rumah jam 22.00 – 22.07 Wib. Semarang, 7 September 2024/3 Robiul Awal 1446.
Recent Comments